Detail Artikel

Sakit tenggorokan tiba-tiba menyerang? Enggak usah khawatir, konsumsi bahan alami plus praktikkan tips simpel berikut. Sakit tenggorokan pasti akan cepat reda.

TANGGAL :

  10/12/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Sakit tenggorokan bisa tiba-tiba muncul. Entah karena udara, suhu atau pun makanan yang kit santap. Untuk menyembuhkannya, banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa digunakan. Mulai dari perasan air lemon, jahe, madu, hingga makanan yang lunak. Selain itu, ada juga cara-cara mudah untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. 

 

1. Kompres Dengan Air Hangat

      Cara ini dapat membantu menenangkan kelenjar getah bening di leher ketika sakit tenggorokan menyerang. Gunakan sebotol air hangat atau bantal penghangat. Tempelkan ke bagian luar tenggorokan. Atau bisa juga menggunakan handuk bersih. Celupkan ke dalam air hangat. Peras dan kompres di bagian leher.

 

2. Hirup Uap Hangat

      Uap yang hangat akan mengurangi rasa gatal dan mengurangi rasa nyeri di tenggorokan. Caranya, rebus air hingga mendidih. Taruh di wadah terbuka yang tidak terlalu tinggi. Letakkan wadah di dalam kamar mandi karena udaranya cukup lembap. Dekatkan wajah ke wadah. Hirup udara yang berasal dari uap air panas. Tarik nafas perlahan namun dalam dan keluarkan. Cara ini bisa kita lakukan selama 5 hingga 10 menit.

 

3. Kumur Air Garam

      Kandungan garam mampu mematikan bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Untuk menggunakannya, sediakan satu sendok teh garam halus dan satu gelas air hangat. Satukan dan aduk. Gunakan untuk berkumur saat masih hangat dan kepala sedikit terangkat.

      Tapi hati-hati, jangan sampai meminum larutan air garam ini karena bisa menggganggu kesehatan organ tubuh lainnya.

 

(Baca juga: Waspadai 6 Pertanda Kita Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam)

 

4. Cairan Yang Cukup Untuk Tubuh

      Meski tenggorokan terasa sakit untuk menelan apa pun termasuk cairan, jangan biarkan tubuh terkena dehidrasi saat sakit tenggorokan. Kandungan air yang cukup akan membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Ppun roses penyembuhan berjalan lebih cepat. Kita bisa meminum air mineral atau teh hangat. Bisa juga membuat campuran air hangat dengan tetesan air lemon dan madu.

 

(Baca juga: Tips Menanamkan Kebiasaan Meminum Air Putih Agar Tidak Dehidrasi)

 

5. Asup Makanan Bertekstur Lembut 

      Hindari makanan yang renyah atau pedas. Luka karena infeksi di tenggorokan bisa semakin melebar. Ada baiknya makan dengan makanan yang sedikit hangat seperti sup ayam atau bubur. Sup atau bubur yang menggunakan kaldu ayam bisa mengatasi rasa nyeri di tenggorokan. Sifat antiinflamasi di dalam kaldu ayam bisa mempercepat proses penyembuhan.

 

     Mengobati sakit tenggorokan bisa dilakukan melalui beragam cara. Bisa dengan bahan alami, obat-obatan, hingga cara lainnya yang tentunya sangat mudah dilakukan. Namun, jika sakit tenggorokan sudah terlalu lama dirasa, lebih baik tetap periksakan diri ke dokter untuk ditangani dengan baik. (Nesya)

foto: dok. cepacol.com

 

(Baca juga: Segarkan Tenggorokan Dengan Es Cincau Santan Merah yang Super Nikmat Ini)

(Baca juga: Waah! Rasa Segar ditambah Tesktur Lembut Puding Apel Markisa Ini Sempurna di Mulut)

(Baca juga: Apa Benar Ceker Merupakan Bagian Terbaik Jika Ingin Membuat Kaldu Ayam Sehat dan Enak?)

Tags

Penulis


Penyuka grocery shopping yang sayangnya hanya sempat memasak di sabtu minggu. 

marti@gramedia-majalah.com

IG: @martimiliana

 

Top
Follow Us!