Detail Artikel

Di luar negeri, kompor induksi sudah jadi perlengkapan wajib di banyak rumah. Namun di Indonesia, kompor jenis ini masih kalah tenar dengan kompor gas. Padahal ada 6 keunggulan yang dimiliki kompor induksi untuk dapur lebih modern.

TANGGAL :

  03/17/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com – Jenis kompor induksi bisa dikenali dengan mudah dari tampilan luarnya. Bentuknya datar tanpa kepala kompor. Yang spesial, kompor induksi juga tidak mengeluarkan api. Kompor ini hanya mengeluarkan panas dengan memanfaatkan reaksi magnet. Panas akan mengalir ketika alat masak berbahan stainless steel atau baja menyentuh permukaan kompor. 

 

Walau tidak berapi, panas yang dihasilkan kompor induksi setara dengan kompor gas, lho. Kompor ini juga punya banyak kelebihan seperti bentuknya yang cantik dan membuat dapur jadi modern. Yuk intip beberapa kelebihan lain kompor induksi berikut ini,  

 

1. Aman 

Karena tidak mengeluarkan api, kompor ini sangat aman bagi anak-anak dan juga orang dewasa tentunya. Kecelakaan dapur yang mengakibatkan luka bakar juga sangat bisa dihindari. Selain itu,  kompor induksi  juga menggunakan listrik sehingga kejadian kebakaran karena ledakan gas bisa diminimalisir. 

 

2. Efisien

Kompor induksi menghantarkan panas hanya pada pada alat masak sehingga proses penyebaran panas jadi lebih efektif dan efisien. Panas tidak menyebar pada udara dan benda lain sehingga terpusat hanya pada alat masak berbahan stainless steel atau besi. Itu sebabnya, jika disentuh dengan tangan, kompor induksi akan tetap dingin walau sedang digunakan untuk memasak. 

 

3. Dapat mengatur temperatur

Pada kompor konvensional, kita hanya bisa mengatur besar api tapi tidak temperaturnya. Nah di kompor induksi, teknologi pengatur suhu sudah tersedia. Perubahan suhu juga bisa terjadi dengan cepat dan presisi. 

 

4. Dapur sehat dan nyaman

Karena tidak adanya api dan proses pembakaran, maka kejadian kekurangan oksigen di dapur dapat dihindari. Selain itu, dapur juga akan selalu sejuk karena panas hanya terfokus pada alat masak dan tidak menyebar sampai udara. Hal ini tentu membuat proses masak jadi lebih nyaman dan menyenangkan, terutama bagi penghuni apartemen dengan ruangan yang saling menyatu. 

 

5. Praktis

Kompor induksi bisa hadir dalam berbagai ukuran, dari besar sampai kecil. Ukuran kecil memungkinkan kita praktis membawanya ke mana pun dibutuhkan. Kompor ini juga menggunakan listrik sehingga pengguna tidak perlu kerepotan memasang dan melepas gas. Saat akan dibawa bepergian, kita juga tidak perlu membawa gas yang berat. Cukup cari sumber listrik dan kita bisa memasak di mana saja. 

 

6. Mudah dibersihkan

Karena bentuknya yang datar dan sederhana, kompor ini sangat mudah dibersihkan. Hal ini bertolak belakang dengan kompor konvensional yang punya banyak lekuk dan bagian-bagian. 

 

Jadi tunggu apalagi? Segera mantapkan hati untuk mengganti kompor di rumah dengan kompor induksi yang lebih praktis, cantik dan modern. Ragam kompor induksi berbagai model dan harga yang sangat variatif bisa temukan di  MatahariMall.com. 

 

(VA)

foto: dok. mataharimall

 

Baca juga:

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

Ini 4 Cara Potong Semangka Yang Praktis & Tetap Cantik

Selain untuk Bumbu, Ini Dia Macam-Macam Manfaat Jeruk Nipis

Serba-Serbi Penggunaan Madu dalam Masakan

Yuk Dandani Dapur Mungil Dengan Gaya Scandinavian Yang Elok dan Ringan

 

Tags

Penulis


Top
Follow Us!