Ingin Membuat Pewarna Makanan Biru Alami tapi Tak Punya Bunga Telang? Ikuti Cara Ini!

  • Minggu, 14 Januari 2018 09:45 WIB

Ingin Membuat Pewarna Makanan Biru Alami tapi Tak Punya Bunga Telang, Ikuti Cara Ini

     SajianSedap.Grid.ID – Pewarna makanan biru alami bukanlah hal yang mustahil untuk dibuat di rumah. Dengan memilih bahan terbaik dan mengolahnya dengan benar, makanan cantik berwarna biru bisa Anda nikmati di rumah. Salah satu cara paling lazim digunakan adalah dengan bunga telang. Namun, terkadang bunga telang sulit kita temukan.


     Prinsipnya, warna bahan makanan yang paling mendekati biru adalah ungu tua. Umumnya, warna ungu tua pada makanan berasal dari pigmen antosianin, pigmen biru yang berubah menjadi ungu apabila suasananya asam. Jadi, dengan membuat suasananya menjadi tidak asam, kita dapat mengubah warna ungu pada makanan tersebut menjadi biru.

 

(Baca juga: Mengenal Keju Biru, si Cantik Beraroma Kuat)

 

      Salah satu bahan pewarna biru alami pada makanan yang bisa kita pakai adalah kol ungu. Selain memiliki warna ungu yang pekat, rasanya juga tawar sehingga tidak akan mempengaruhi rasa makanan nantinya.

 

     Inilah cara membuat pewarna biru dari kol ungu.

 

 

  • Iris-iris kasar satu buah kol ungu.
  • Masukkan kol ke panci besar. Tambahkan sekitar satu liter air.
  • Rebus kol merah selama 20 menit. Matikan api, lalu buang kol yang telah direbus. Air yang tersisa akan berwarna ungu tua.
  • Rebus kembali air kol dengan api kecil hingga tersisa sekitar 80-120 ml. Karena telah menyusut, cairan ini bertekstur kental.
  • Pindahkan cairan ke wadah bening dan tunggu hingga dingin.
  • Sedikit demi sedikit, tambahkan soda kue hingga warnanya menjadi biru. Bahan ini akan membuat konsentrat kol ungu bersifat alkali.
  • Untuk melihat apakah pewarna ini sudah berwarna biru, gunakan susu kedelai atau santan. Teteskan pewarna ini ke sedikit susu atau santan. Jika warnanya masih ungu, tambahkan kembali soda kue. Jika warnanya agak hijau, berarti Anda soda kue yang ditambahkan terlalu banyak. Birukan kembali dengan sedikit air jeruk atau cuka.
  • Pewarna biru siap untuk digunakan.

Reporter : dina
Editor : dina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×