Detail Artikel

Inilah bagian kedua dari 11 makanan yang tidak boleh Anda taruh di freezer Anda untuk menjaga tekstur dan kesegarannya.

TANGGAL :

  03/17/2017

EDITOR :

  DINA

      SajianSedap.com – Yuk, belajar untuk tidak meletakkan makanan-makanan berikut ini di freezer kita. Sebenarnya, jika mengerti fungsinya, freezer sangat membantu mengawetkan makanan sehingga bisa mengurangi sampah makanan. Namun, sebelum membekukan makanan, perhatikan jenisnya karena tidak semua makanan pantas dibekukan.


Dilansir dari huffingtonpost, inilah aneka contohnya.


Krim Asam


       Membekukan krim asam bakal membuatnya terpisah dan sama sekali tidak terlihat enak. Kita bisa saja mengaduknya kembali hingga menyatu jika akan dipakai di dalam masakan. Namun, tetap saja tidak bisa dimakan langsung.

 

Baca juga: Jangan Letakkan 11 Makanan Ini di Freezer Anda! (1)


Toping Crumble

 

       Jika dibekukan, toping crumble di atas masakan seperti kaserol, makaroni keju, atau pai bakal sama nasibnya dengan gorengan yang dibekukan, yaitu jadi lembek dan basah. Tentu fungsinya untuk membantu memberikan kerenyahan pada masakan jadi hilang.


Yogurt

 

      Beda dengan yogurt yang dibekukan sehingga mirip es krim seperti yang ada di mall-mall, yogurt yang berbentuk cair sebaiknya tidak dibekukan. Soalnya, teksturnya bakal jadi terpisah, sama seperti krim asam.


Kentang

 

      Karena kentang punya kandungan air yang tinggi, kristal es akan terbentuk di dalam kentang yang  dimasukkan ke dalam freezer. Hasilnya adalah kentang yang lembek. Kentang lebih baik diletakkan di tempat yang sejuk dan kering.

 

Baca juga: Mengobati Sembelit dengan Lidah Buaya


Keju

 

      Karena keju memiliki daya simpan yang lama, kita tidak perlu meletakkannya di dalam freezer. Jika menaruh keju tua di freezer, hasilnya keju akan hancur dan menjadi remah-remah. Jika yang kita taruh adalah keju muda, kelembaban di dalam keju akan menghasilkan bunga es yang menghancurkan tekstur. Keju berkualitas baik bagus teksturnya. Jangan menghancurkannya dengan menaruh keju di dalam freezer.


Frosting Berbahan Putih Telur

 

       Frosting yang terbuat dari putih telur akan kehilangan kelembutannya dan mengeluarkan air alias terpisah. Hasilnya, cake jadi rusak dan jelek.

 

      Nah, itulah bagian kedua dari aneka jenis makanan yang tidak boleh Anda taruh di dalam freezer. Yuk, jadi lebih selektif dalam menyimpan makanan agar terjaga selalu kualitasnya. (DV/huffingtonpost)

 

Baca juga:

 

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini!

Tips Cerdas Menggunakan Kunyit untuk Aneka Masakan

Sajian Sederhana tapi Lezat, Tumis Selada Air Jagung

Tags

Penulis


Senin sampai Jumat bolak-balik Kebon Jeruk-Cileduk agar di akhir minggu bisa beli nasi uduk. Instagram saya: @vionettads

Top
Follow Us!