Detail Artikel

Sering sulit tidur? Yuk konsumsi lobak secara teratur. Zat alkaloid di dalamnya dipercaya bisa membuat tubuh rileks dan mudah tidur.

TANGGAL :

  03/20/2017

EDITOR :

  MARTI

Sajiansedap,com - Setiap bahan makanan memang punya manfaatnya sendiri-sendiri.  Tak terkecuali lobak. Buah putih satu ini sering diolah menjadi sup karena rasanya dan aromanya yang khas. Di bandung, lobak digunakan dalam soto Bandung yang terkenal kelezatannya. Di Manado, bahan satu ini digunakan sebagai acar. Sedangkan di Singapura, lobak diubah menjadi carrot cake yang sedap. 

 

      Di negeri asalnya, Cina, lobak sering dijadikan bahan makanan untuk berbagai macam penyakit. Umbi dengan nama asli “Luo Bo” ini dikonsumsi mulai dari daging hingga daunnya. Di sana, lobak dipercaya memiliki karakter “dingin” yang baik bagi tubuh. 

 

Menjaga Imunitas Tubuh

 

      Lobak memang sangat baik dikonsumsi sebagai makanan yang bisa menjaga imunitas tubuh.  Lobak dilengkapi dengan kandungan antibakteri dan antipiretik yang dapat meredakan demam, flu, dan radang tenggorokan. Tentu saja, soto dan sup yang hangat bisa jadi cara penyajian yang tepat. 

 

Baca juga: SUP DAGING LOBAK BAKSO SAPI

 

Mengatasi Insomnia

 

      Yang spesial, lobak juga bisa mengantasi gangguan insomnia. Itu karena lobak memiliki zat alkaloid yang berfungsi meredakan ketegangan syaraf sehingga memudahkan kita untuk tidur. Inilah yang menyebabkan banyak ahli menyebut lobak sebagai tanaman anti insomnia, hipnotis dan saporifis (memudahkan tidur). 

 

      Cara mengonsumsinya cukup mudah. Lobak hanya perlu dijus dengan campuran jeruk nipis untuk menghilangkan aroma khas lobak dan rasanya yang agak getir. Konsumsilah jus ini secara teratur sebelum tidur agar tubuh segera rileks dan lebih mudah terlelap. 

 

Baca juga: KUE LOBAK GORENG

 

      Selain itu, konsumsi lobak secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah, melancarkan buang air kecil hingga membersihkan dan saluran kecing. Untuk itu, jangan lagi ragu menyediakan lobak sebagai menu sehari-hari di rumah ya. Olah menjadi aneka hidangan lezat yang pasti disuka keluarga. 

 

(MF/VA)

 

Baca juga:

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern

Tiga Langkah Membuat Pepes Tenggiri Woku Gurih nan Lembut

Cita Rasa Opor dalam Sebungkus Lemper ayam

Selain untuk Bumbu, Ini Dia Macam-Macam Manfaat Jeruk Nipis

 

 

Tags

Penulis


Pencinta masak dan kuliner yang memilih kecemplung di dunia jurnalistik. Untung, sekarang bisa menikmati ketiganya sekaligus :) 

 

IG: @virnyapriliand 

Top
Follow Us!