Patut Ingat 4 Hal ini Sebelum Menghaluskan Kacang

  • Kamis, 5 Januari 2017 00:00 WIB

Patut Ingat 4 Hal ini Sebelum Menghaluskan Kacang

SajianSedap.com - Menghaluskan kacang tampaknya mudah. Sebetulnya ada triknya juga karena kehalusan kacang harus disesuaikan dengan fungsinya. Artinya, disesuaikan dengan penggunaannya di dalam masakan/kue. 

Yang pasti kacang yang akan dihaluskan harus disangrai atau digoreng dahulu. Kacang yang disangrai warnanya akan lebih terang dan pucat dibanding kacang yang digoreng. Kacang yang digoreng hasilnya lebih kecokelatan. Ikuti caranya.

1. Sangrai atau goreng kacang setengah matang sambil terus diaduk. Jaga agar api tidak terlalu besar supaya kacang bisa matang sampai di dalam.

2. Letakkan di atas serbet. Tutup dengan serbet lalu tekan sampai kulitnya terlepas. Pisahkan kacang dari kulitnya. Sangrai kembali sampai matang. Cara lain, letakkan kacang dalam tampah. Tekan-tekan dengan anak lumpang sampai kulit terlepas. Setelah itu, sangrai kembali sampai matang.

3. Untuk menghasilkan kacang yang sekadar halus, gunakan lumpang, bukan blender. Tumbuk sambil sesekali diaduk. Yang sudah cukup halus, harus segera dikeluarkan. Kacang yang sudah halus, bila ditumbuk terus akan berminyak.

4. Untuk kacang yang berminyak atau berbentuk pasta, bisa diblender. Memblender kacang sebaiknya setelah kacang dingin supaya tidak terlalu berminyak. Kacang panas akan mengeluarkan lebih banyak minyak hingga minyak terpisah-pisah. 

(SP)
Foto: dok. Sajian Sedap 

 

Reporter : Marti
Editor : Marti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×