Sebenarnya Berapa, Sih, Batas Aman Jumlah Konsumsi Gula Setiap Hari?

  • Selasa, 12 Desember 2017 17:45 WIB

Wajib Tahu! Sebenarnya Berapa Batas Aman Konsumsi Gula Setiap Hari?

SajianSedap.grid.id – Gula memang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sepertinya kita tak bisa melewati hari tanpa mengonsumsi makanan yang manis. Gula juga menjadi bahan penting yang harus ada di dapur. Baik sebagai campuran untuk minuman, memasak, sampai membuat kue, gula pasti masuk di dalam daftar bahan.

 

      Seperti yang kita tahu, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa mendatangkan penyakit serius, di antaranya diabetes dan obesitas. Tapi kita juga tidak boleh terlalu sedikit mengonsumsi gula. Hal ini akan menyebabkan rendahnya gula darah yang bisa membuat kita lemas, pingsan, atau bahkan kejang-kejang.

 

Jumlah Batasan Berbeda Antara Pria, Wanita, dan Anak-anak

      The American Heart Association menyebutkan, wanita disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 20 gram atau setara  6 sendok teh gula setiap harinya. Sedangkan pria disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 36 gram atau setara 9 sendok teh gula. Perbedaan ini terjadi karena pria dan wanita memiliki jumlah kebutuhan energi yang berbeda setiap harinya. Sumber energi untuk tubuh ini salah satunya didapat dari kandungan gula yang kita konsumsi. Jumlah ini dinilai sudah cukup untuk memenuhi energi pria dan wanita untuk beraktivitas sehari-hari.

 

      Lalu bagaimana dengan jumlah konsumsi gula pada anak? Apalagi, mengingat anak-anak jauh lebih tertarik pada makanan serba manis. Tapi perlu diingat, anak hanya boleh mengonsumsi 12 gram atau tidak lebih dari 3 sendok teh gula setiap harinya. Jumlah ini cukup agar anak tidak mengalami obesitas dini dan mencegah gigi mudah bolong akibat mengonsumsi makanan manis. Perlu diketahui pula, satu mangkuk sereal manis biasanya mengandung 3.75 sendok teh gula. Itulah sebabnya, sereal manis tidak terlalu disarankan dijadikan sebagai menu sarapan anak di pagi hari.

 

(Baca juga: Mengenal Diet Ketogenik yang Sedang Naik Daun)

Reporter : Sajian Sedap
Editor : Sajian Sedap

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×