Selain Menyehatkan Pencernaan dan Otot, Ini Dia Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang

  • Minggu, 14 Januari 2018 15:15 WIB

Selain Menyehatkan Pencernaan dan Otot, Ini Dia Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang

       SajianSedap.Grid.ID – Mari tengok aneka manfaat mengonsumsi buah pisang. Di Indonesia, pisang adalah salah satu buah favorit yang biasanya tersedia di meja makan. Soal rasa, aneka jenis pisang itu mungkin berbeda. Tapi dalam urusan nutrisi, kebanyakan pisang mempunyai nilai gizi yang setara.

 

      Secara umum, pisang, apa pun jenisnya, memiliki manfaat berikut.

 

  • Pisang memiliki serat yang mudah dicerna. Itu sebabnya pisang lumat bisa diberikan buat balita di atas 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Tiap 100 g pisang mengandung rata-rata 2-3 g serat. Serat lembut pada pisang juga membuat buah ini cocok dikonsumsi penderita sakit mag (lambung). Pisang bisa dijadikan sebagai makanan untuk “pertolongan pertama” saat lambung terasa perih, misalnya karena telat makan. Di dalam lambung, pisang yang telah terkunyah lembut bisa menetralkan asam penyebab rasa perih.

 

Baca juga: Sayur Jantung Pisang, Unik dan Lezatnya Tak Terduga

 

  • Pisang mengandung karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh menjadi energi. Karbohidrat utama pada pisang berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa.. Itu sebabnya pisang juga cocok dimakan saat lapar atau sehabis beraktivitas berat, misalnya berolahraga. Kombinasi antara serat yang lembut dan karbohidrat yang mudah diserap membuat pisang juga cocok dikonsumsi ketika tubuh dalam kondisi sakit atau lemah.
  • Pisang, seperti air kelapa, banyak mengandung kalium (potasium). Kalium adalah mineral penting yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit otot. Tiap 100 gram pisang mengadung sekitar lebih dari 300 mg kalium. Kalium juga berfungsi menyehatkan mekanisme pengendalian tekanan darah. Itu sebabnya pisang cocok dikonsumsi orang yang punya kecenderungan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Pisang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C dan B-6. Namun manfaat vitamin pada pisang ini akan berkurang jika buah ini dikonsumsi dengan cara diolah menggunakan pemanasan tinggi dalam waktu lama, misalnya digoreng.

 

Baca juga: Praktis, Membuat Pisang Goreng Ekstra Krispi Buat Camilan Sore

 

Reporter : dina
Editor : dina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×