Wedang Uwuh, Minuman Sampah yang Ngetren Karena Memiliki Sejuta Manfaat

  • Selasa, 14 November 2017 20:30 WIB

Wedang Uwuh, Minuman Sampah yang Jadi Favorit Karena Sejuta Manfaatnya

SajianSedap.com - Indonesia punya segudang resep wedang yang asalnya dari berbagai daerah. Di Yogyakarta, wedang yang terkenal adalah wedang uwuh. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Nama ini berasal dari tampilan wedang uwuh yang dipenuhi beragam rempah seperti sampah. Unik ya. 

 

       Walau disebut sampah, minuman ini punya segudang khasiat yang membuatnya terkenal di seantero negeri.  Bagaimana tidak, dibutuhkan 14 jenis rempah untuk membuat segelas minuman hangat ini. Rempah tersebut adalah jahe, cengkeh, bunga cengkeh, batang cengkeh, daun cengkeh, kayu secang, pala, daun pala, kayu manis, daun kayu manis, akar sereh, daun sereh, gula batu dan kapulaga. 

 

 

Sejuta Manfaat Wedang Uwuh

        Jahe, kayu manis dan cengkeh dalam wedang uwuh membuatnya cocok untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga bermanfaat menurunkan kolestrol. Daun pala mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid yang bisa mengatasi sakit perut karena masuk angin dan mengatasi gangguan lambung. 

 

       Secang juga tak kalang penting. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mengungkapkan bahwa secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan (batuk, pilek, sifilis). 

 

Reporter : Virny Apriliyanty
Editor : Virny Apriliyanty

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×