Detail Artikel

Makan ala liwetan dengan alas daun pisang dan aneka lauk dijamin akan meningkatkan selera makan. Acara kumpul keluarga tentu juga makin seru dan semarak.

TANGGAL :

  03/19/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Gaya makan ndeso satu ini sedang jadi tren belakangan. Konsepnya, mengikuti gaya makan jaman dulu dengan menggunakan alas daun pisang tanpa piring. Makannya pun harus lesehan, duduk di lantai dan wajib menggunakan tangan. Sangat Indonesia ya. 

 

      Gaya makan ini awalnya berasal dari tanah Jawa, tepatnya di Jawa Tengah dan Timur. Liwet diambil dari cara memasak nasi yang dicampur dengan sedikit santan, sereh, salam dan lengkuas. Bentuknya hampir mirip seperti nasi uduk betawi, hanya nasi liwet biasa disajikan dengan taburan ikan teri goreng sebagai lauk.

 

      Liwetan identik dengan nasi disusun memanjang bersama tumpukan aneka lauk dan disantap bersama keluarga besar. Yang spesial, liwetan biasa disusun sepanjang jumlah keluarga sehingga semua anggota keluarga bisa makan bersama tanpa terpisah meja atau kursi. Jadi lebih seru dan kekeluargaan, bukan?

 

       Liwetan juga irit pemakaian piring dan aneka perkakas makan. Jadi saat selesai makan, para wanita tidak perlu pusing memikirkan tumpukan piring kotor. Cukup lipat daun pisang dan buang ke tempat sampah. Setelah itu silhkan bersantai dan nikmati makanan penutup yang tersedia. 

 

      Makanan sederhana seperti liwetan ternyata punya segudang keseruan yang menarik untuk dicoba. Masyarakat kini juga memodifikasi liwetan jadi lebih modern. Untuk kepraktisan, nasi yang digunakan tidak melulu nasi liwet. Lauknya pun dibuat sangat bervariasi untuk menggugah selera. Nah bagi anda yang tertarik, tips berikut patut anda simak agar liwetan dirumah jadi lebih spesial.

 

1. Ganti nasi liwet

Nasi liwet bisa diganti dengan nasi putih, nasi uduk, nasi merah atau bahkan nasi kuning, hijau dan aneka warna lain. Dengan begini, liwetan versi anda jadi anti mainstream dan lebih spesial. 

 

Resep Tiga Langkah Membuat Nasi Uduk Hitam untuk Sarapan Istimewa

 

2. Lauk 

Jangan lupakan lauk. Makin bervariasi lauk yang disediakan, liwetan anda akan menuai lebih banyak pujian. 

Aneka lauk goreng: ayam, bebek, empal, ikan, udang

Aneka lauk olahan: ikan asin, cumi asin, peda

Anek lauk tambahan: tahu, tempe, bakwan, pepes, ati, ampela, usus, jantung, telur balado, bihun goreng, telur asin

 

Resep Semua Orang Pasti Bisa Membuat Ayam Goreng Keriting Dengan Resep Ini

Resep 25 Menit Membuat Cumi Masak Cabai Hijau

 

3. Sayuran

Sayuran ala Indonesia yang paling nikmat dan praktis adalah lalapan. Selain itu, tumis kangkung, urap, pecel, dan karedok bisa jadi variasi yang menambah kelezatan. 

 

Resep Uniknya Cita Rasa Tumis Jantung Pisang Rebon

 

4. Sambal

Ini yang tak boleh dilewatkan. Siapkan sambal andalan keluarga dalam jumlah banyak. Pastikan sambal cukup untuk disantap seluruh keluarga karena orang Indonesia pencinta sambal sejati. 

 

Resep Sensasi Pedas Sambal Bajak Ikan Cakalang

 

5. Kerupuk

Makanan tambahan ini juga khas Indonesia. Siapkan kerupuk keriting putih yang dijual di warung-warung. Walau murah, menu satu ini bisa membuat makan jadi makin komplit dan ramai. 

 

6. Pete dan Jengkol

Yang jadi primadona saat liwetan adalah duo makanan beraroma ini. Bagi penggemarnya, pete dan jengkol bisa sangat menambah selera makan. Olah pete dengan cara di goreng dan jengkol bisa digoreng, disemur atau juga dibaldo. 

 

Resep Semur Jengkol Pedas Kering

 

7. Pencuci mulut

Pencuci mulut yang paling mudah didapat adalah aneka buah-buahan seperti pisang dan jeruk. Pilih buah yang tidak perlu menggunakan wadah sehingga anda tidak perlu repot mencucinya setelah liwetan selesai. 

 

Liwetan memang paling asyik disantap beramai-ramai. Hadirkan liwetan pada acara kumpul keluarga atau arisan. Jika belum ada acara dalam waktu dekat, undang saja tetangga untuk makan malam di rumah. Selain tentunya seru dan nikmat, liwetan juga bisa dijadikan ajang menjalin hubungan baik dengan orang sekitar loh. Siap-siap dibanjiri pujian dari para tamu. 

Weekend Seru Dengan Liwetan, Gaya Ndeso yang Naik Daun
Susunan Lauk dan Nasi Ala Liwetan

(VA)

 

Baca juga:

6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

Tags

Penulis


Pencinta masak dan kuliner yang memilih kecemplung di dunia jurnalistik. Untung, sekarang bisa menikmati ketiganya sekaligus :) 

 

IG: @virnyapriliand 

Top
Follow Us!