Detail Artikel

Talenan di rumah akan bebas bau dan kuman dengan 6 cara mudah yang patut disimak berikut ini.

TANGGAL :

  07/29/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Talenan sudah pasti jadi alat masak yang ada di setiap dapur. Alat yang satu ini memang punya banyak fungsi mulai dari mengiris bumbu sampai mencincang atau memotong daging. Untuk itu, kita perlu memastikan jika talenan di rumah sudah terjaga kebersihannya dan terawat dengan benar. 

 

      Jenis talenan yang paling sulit perawatannya adalah talenan kayu. Namun jenis ini juga jadi favorit karena tahan lama dan berat sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan. Namun, talenan kayu juga rawan dihinggapi aneka kuman karena bahannya yang mudah lembab. Akhirnya, talenan malah jadi berbau dan berjamur. 

 

      Tentu kita tidak mau kan alat masak wajib satu jadi perantara penyakit? Yuk simak beberapa tips jitu agar talenan kayu bisa terus bersih dan bebas kuman. 

 

1. Bilas dengan Air Hangat

Kuman pada talenan kayu bisa diminimalisir dengan mencuci talenan menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. 

 

2.  Cuka Untuk Menghilangkan Bau

Jika talenan kayu berbau, jangan dulu mencucinya dengan aneka disinfektan kimia. Cukup rendam talenan dalam air yang telah diberi cuka. Diamkan selama beberapa menit saja dan talenan akan segera bebas bau. 

 

3. Gosok dengan Garam

Menggosok talenan kayu dengan garam juga jadi cara yang banyak dipakai orang. Garam yang kasar akan melepas sisa daging dan sayuran yang mungkin menempel pada permukaan talenan. Jangan lupa juga bilas dengan air hangat. 

 

Baca juga: Selain untuk Bumbu, Ini Dia Macam-Macam Manfaat Jeruk Nipis

 

4. Jangan Gunakan Jika Sudah Retak

Talenan kayu yang sudah retak atau juga tergores parah sebaiknya sudah jangan digunakan. Retakan dan goresan tersebut bisa menjadi sarang pertumbuhan penyakit karena tidak bisa dibersihkan. Akibatnya, talenan bisa berbau karena sisa makanan yang menempel akan membusuk dan menjadi perantara penyakit. 

 

5. Simpan di Tempat yang Kering

Talenan kayu mudah ditumbuhi jamur. Untuk itu selalu keringkan di tempat yang terang dan terkena sinar matahari. Hal ini sangat penting untuk menjaga talenan agar tetap tahan lama. 

 

6. Miliki 2 Talenan

Akan lebih baik jika kita memiliki minimal 2 talenan di rumah. Gunakan untuk setiap jenis makanan yang berbeda, untuk daging dan ikan serta buah dan sayuran. Hal ini akan menghindari kontaminasi kuman dan bakteri antar jenis bahan. 

 

Baca juga: Yuk Dandani Dapur Mungil Dengan Gaya Scandinavian Yang Elok dan Ringan

 

Alat makan yang bersih dan sehat tentu juga akan membuat makanan kita jadi makin bergizi, begitupun dengan talenan. Jangan anggap sepele kebersihannya ya. Pastikan talenan kayu kita di rumah sudah dirawat dengan benar dan tentunya bebas kuman dan jamur. 

 

foto: dok. freepik.com

(VA)

 

Baca juga:

6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern

Jangan Letakkan 11 Makanan Ini di Freezer Anda! (1)

Jangan Letakkan 11 Makanan Ini di Freezer Anda! (2)

Mengobati Sembelit dengan Lidah Buaya

Teri Ternyata Punya Manfaat Super Memperkuat Tulang dan Gigi Anak

Tags

Penulis


Pencinta masak dan kuliner yang memilih kecemplung di dunia jurnalistik. Untung, sekarang bisa menikmati ketiganya sekaligus :) 

 

IG: @virnyapriliand 

Top
Follow Us!