Yuk, Coba Cara Lain Membuat Ayam Bakar!

  • Kamis, 12 Januari 2017 19:58 WIB

yuk, coba cara lain membuat ayam bakar

SajianSedap.com - Ayam bakar biasanya dibuat dengan cara membumbui ayam terlebih dahulu, baru dibakar. Ternyata ada cara lain membuat ayam bakar, lho. Yakni dengan membakar ayam dahulu baru diolah di dalam saus atau kuah. Unik sekali, bukan?

 

Potongan ayam

Ayam sebaiknya dalam bentuk kecil, tetapi masih bertulang. Contohnya, satu ekor dibagi delapan atau Anda bisa memilih sayap, paha atau dada saja. Potongan ayam yang kecil lebih mudah meresap bumbu, bahkan usai dibakar sekali pun.

     

Bagaimana cara membakarnya?

Pembakaran ayam bisa dilakukan dengan memasukkannya ke dalam oven bersuhu tinggi. Jika tak ada oven, Anda bisa membakarnya di atas bara, gunakan penjepit untuk memudah membalik ayam. Cara lain membakar ayam dapat dilakukan dengan menggunakan pan yang telah dioles margarin, atau dialas daun pisang terlebih dahulu. Tidak perlu membakar ayam hingga matang, cukup sampai kecokelatan saja. Ayam dimatangkan saat proses membumbui. Ketika memanggang ayam di dalam oven, atau di dalam pan, api bisa dibesarkan hingga ayam segera menjadi cokelat.

 

Membumbui ayam bakar 

Sampailah kita pada membumbui ayam bakar. Usai dibakar, ayam dimasak di dalam masakan berkuah, kuahnya sedikit saja. Karena ayam setelah berkulit jadi tebal, maka api harus panas sedang supaya ayam matang dan bumbunya meresap sempurna. Tak perlu ragu untuk menggunakan banyak bumbu, rempah, saat merebusnya di dalam santan karena setelah ayam dipanggang, kaldunya terkunci di dalamnya. Hasilnya, kuahnya tak berkaldu, tetapi ayamnya juicy.

Reporter : Amadea
Editor : Marti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×