Detail Artikel

Membuat mi ayam sendiri di rumah tidaklah sulit. Asal tahu triknya, kita bisa membuat mi ayam selezat buatan kedai mi ayam atau resto favorit. Ini dia 5 rahasia supaya mi ayam buatan kita enak.

TANGGAL :

  03/21/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Mi ayam sangat dekat dengan kita. Kapan pun kita bisa makan mi ayam. Saat makan siang, makan malam atau jadi camilan sore yang mengenyangkan. Meskipun mi ayam banyak dijual tapi tak ada salahnya kita membuat sendiri mi ayam di rumah. Dan tentu saja kita bisa membuat mi ayam seenak yang dijual di kedai mi ayam atau resto favorit. Yang penting tahu tahu triknya. Ini dia 5 rahasia agar mi ayam buatan kita enak.

 

Baca juga: Simak Mudahnya 10 Cara Membuat Mi Ayam Bertopping Istimewa di Rumah Ini

 

1. Buat minyak ayam yang enak

Pilih kulit ayam yang berlemak dan tebal. Potong keci-kecil dan goreng di dalam sedikit minyak di atas api kecil sampai kering. Gorengan ayam bisa jadi topping mi ayam. Minyak ayam dapat dibuat lebih enak dengan cara menambahkan cincangan bawang putih ke dalam minyak ayam sebelum diangkat. Biarkan bawang putih matang lalu saring. Minyak ayam bisa disimpan lama di dalam lemari es.

 

2. Merebus mi tepat waktu

Kenali mi yang digunakan. Ada mi yang harus direbus lama, ada juga yang sebentar. Makin tebal dan besar diameternya, biasanya butuh waktu rebus lebih lama. Hati-hati saat merebus mi agar hasilnya tidak menjadi terlalu lembek.

 

Baca juga: Resep Mi Ayam Jamur

 

3. Tumisan ayam yang enak

Ayam bisa ditumis dalam bumbu asin atau manis. Yang asin menggunakan kecap asin, yang manis menggunakan kecap manis. Tumisan ayam jangan ditumis sampai kering. Biarkan agak berkuah. Tuang tumisan berkuah itu di atas mi. Kuahnya akan memberi rasa pada mi ayam.

 

4. Variasikan topping

Tambahan topping memperkaya mi ayam kita. Misal, tumisan ceker yang dimasak di dalam saus tiram. Ceker goreng kering juga enak untuk topping mi ayam. Mengapa tidak membuat jamur enoki goreng tepung untuk taburan? Pasti mi ayam jadi spesial. Masih banyak lagi topping yang bisa dibuat variasi.

 

Baca juga: Resep Mi Ayam Ceker

 

5. Kuah yang enak

Kuah biasa disajikan terpisah. Kuah yang enak, memberi nilai tambah pada mi ayam. Buat dari tulang (didapat dari tumisan ayam) yang direbus di atas api kecil sampai kuah terasa gurih. Lebih baik kalau membeli tulang ayam tambahan. Tulang ayam kampung, akan menghasilkan kuah yang lebih enak lagi.

 

6. Sambal yang nikmat

Sambal mi ayam dibuat dari cabai rawit dan bawang putih rebus yang dihaluskan. Agar enak, tambahkan sedikit kuah ayam sehingga rasanya lebih gurih.

 

(SP)

Foto: dok. Sajian Sedap

 

Baca juga:

Telur Puyuh Masak Saus Teriyaki, Menu Ala Resto Di Meja Makan Kita

Cara Mudah Membuat Nasi Uduk Di Rumah

Tumis Tahu Pedas Ini Bisa Dibuat Dalam 20 Menit Saja

Nikmatnya Makan Malam Dengan Asem-Asem Ati Ampela

Keajaiban Cita Rasa Ayam Bakar Kuah Santan

 

 

Tags

Penulis


Penyuka grocery shopping yang sayangnya hanya sempat memasak di sabtu minggu. 

marti@gramedia-majalah.com

IG: @martimiliana

 

Top
Follow Us!