Detail Artikel

Buah avokad ternyata bisa kita buat jadi puding, loh. Ada 5 cara jitu agar sukses membuat puding buah avokad.

TANGGAL :

  02/26/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap – Buah avokad sering kita olah dengan cara dijus atau dibuat es buah. Padahal, buah yang mengandung lemak baik ini juga lezat dibuat puding, lho. Puding buah avokad bisa kita sajikan untuk pencuci mulut yang manis. Supaya puding avokad untuk pencuci mulut berhasil, ada 5 hal yang harus diperhatikan saat membuatnya.

Jenis avokad

Melihat avokad dari bentuknya,ada dua jenis.

  • Avokad bulat

      Avokad bulat memiliki biji lebih besar, tetapi dagingnya tidak setebal yang lonjong.

  • Avokad lonjong

      Dimaksud avokad lonjong karena bentuknya yang semakin kecil di bagian atasnya. Namun, avokad lonjong dagingnya lebih tebal dibandingkan yang bulat.

Avokad juga dibagi berdasarkan jenisnya.

  • Avokad biasa

      Avokad ini memiliki rasa kurang legit, terkadang avokad ini memiliki serat lebih banyak dibandingkan avokad lainnya,.

  • Avokad mentega

      Daging avokad mentega rasanya lebih legit dibandingkan avokad biasa. Ia juga memiliki kandungan lemak yang lebih banyak.

  • Avokad Australia

      Jika menandakan avokad matang permukaannya sudah lembek atau belum, hal itu tidak berlaku pada avokad Australia. Ia tidak lembek seperti avokad lainnya, bahkan masih keras pun rasanya sudah tidak pahit lagi. Kulit avokad ini keriput, dan harganya lebih mahal dibandingkan avokad lain.

Memilih avokad

Jarang mendapatkan avokad yang matangnya pas di pasaran. Biasanya yang matang sudah sedikit bonyok atau kematangan. Pilihlah avokad yang kulitnya mengkilat. Avokad seperti ini sudah tua walaupun belum matang. Bila sudah matang, jangan sampai ada bagian yang bonyok. Jangan pula memilih avokad yang warna cokelat, biasanya avokad cokelat berserat banyak.

Menghaluskan avokad

Kerok atau potong daging avokad, sisakan bagian yang warnanya hijau gelap. Bagian yang hijau gelap terasa pahit. Untuk menghaluskannya Anda bisa menggunakan blender supaya avokad halus betul.

Membuat puding avokad

Avokad akan pahit bila dimasak. Karena itu, masukkan saat terakhir supaya memasaknya tidak lama. Anda bisa memvariasikan puding avokad dengan puding susu, puding santan, puding moka, puding kopi atau puding panas. Avokad juga bisa dibuat sebagai campuran saus untuk disajikan bersama puding.

 

(SP/AH)

Foto: dok. SajianSedap

 

Baca juga:

Cara Jitu Membuat Bika Ambon Tanpa Oven

Membuat Cake Pisang Cokelat Kukus Hanya Dengan Tiga Langkah Mudah

2 Langkah Membuat Singkong Goreng Rumahan yang Empuk dan Gurih

Tags

Penulis


food enthusiast.

Amadea.h@gramedia-majalah.com

know me better, visit @amadeahs 

Top
Follow Us!