Agar Sambal Matah Enak, Ikuti Tips Mengolah Bawang Merah Supaya Tidak Berbau Pedas Menyengat

  • Sabtu, 13 Januari 2018 09:45 WIB

Agar Sambal Matah Enak, Ikuti Tips Mengolah Bawang Merah Supaya Tidak Berbau Pedas Menyengat

SajianSedap.grid.id – Siapa tidak suka dengan segarnya sambal matah untuk teman makan nasi hangat? Itu sebabnya, sambal yang berasal dari Bali ini belakangan jadi super hits. Semua makanan disajikan dengan sambal matah, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, tempe, mi instan, sampai juga telur dadar. 

 

      Membuat sambal matah sendiri di rumah sebenarnya tidaklah sulit. Kunci kesuksesannya adalah mengetahui bahan sambal yang tepat dan teknik pengolahan yang tepat. 

 

      Wah, apa bikin sambal juga butuh teknik? Tentu dong, terutama karena sambal matah menggunakan bawang merah mentah yang punya aroma pedas menyengat. Aroma pedas inilah yang harus kita hilangkan supaya sambal matah enak maksimal.

 

Olah Dulu Bawang Merah Dalam Sambal Matah

       Bahan utama pembuatan sambal matah adalah cabai rawit merah, bawang merah, serai, dan terasi. Setelah diiris dan tercampur rata, sambal disiramkan minyak panas sehingga jadi setengah matang.

 

      Walau sudah disiram air panas, seringkali bawang merah di sambal matah masih berbau pedas dan menyengat. Asal kalian tahu, aroma itu dihasilkan dari gas belerang yang memang terkandung dalam bawang merah. 

Reporter : Virny Apriliyanty
Editor : Virny Apriliyanty

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×