Detail Artikel

Yuk, manfaatkan aneka jenis bumbu instan untuk membuat menu sarapan yang cepat dibuat tetapi cita rasanya tetap nikmat. Padukan saja dengan mi, bihun atau kwetiau yang jadi favorit.

TANGGAL :

  05/07/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Kita pasti sering mencari ide sarapan mudah dan praktis untuk dibuat. Alasannya, karena waktu di pagi hari biasa tidak banyak sehingga sebisa mungkin sarapan dibuat dalam waktu sesingkat mungkin. Jika terlalu lama, bisa-bisa keluarga berangkat beraktivitas tanpa sarapan. Padahal sarapan merupakan salah satu asupan terpenting bagi tubuh untuk memulai hari. 

 

      Nah untuk menghasilkan sarapan yang praktis namun tetap lezat, kita bisa memanfaatkan aneka jenis bumbu instan yang tersedia di pasaran. Bumbu instan ini bisa kita olah bersama aneka jenis mi, kwetiau dan bihun. Hasilnya adalah aneka sarapan berbumbu yang pasti ditunggu keluarga.

 

      Bumbu instan yang digunakan bisa beragam dan sesuai selera. Sebagai saran, cobalah beli bumbu instan opor, rendang, sambal goreng atau juga gulai. Bumbu-bumbu khas Indonesia ini tinggal dicampurkan ke bahan utama yang kita inginkan misalnya mi. Tambahkan juga bahan lain seperti telur, daging atau juga sayur. Dalam waktu singkat jadilah mi goreng opor yang lezat. 

 

(Baca juga: Mie Goreng Enak, Spesial Untuk Sarapan)

 

Tambahan Bumbu

 

       Sebagai tips, jangan lagi menggunakan minyak yang terlalu banyak ketika menumis. Bumbu instan biasa telah memiliki kandungan minyak yang lumayan banyak. Untuk tambahan rasa dan aroma, kita bisa menambahkan kecap manis, kecap ikan atau juga saus tiram. 


      Cicipi juga rasanya sebelum dibumbui. Beberapa bumbu instan telah diberi garam sehingga sudah cukup asin. 

 

Untuk olahan kwetiau dengan bumbu instan, cek resep Kwetiau Goreng Bumbu Thai ini.

 

Memudahkan pengadukan

 

      Untuk memudahkan pengadukan, kita bisa melumuri dulu bahan masakan dengan bumbu instan sebelum menumisnya. Mi misalnya, segera setelah matang dan masih hangat, lumuri dengan bumbu instan. Hal ini dimaksudkan agar bumbu bisa tercampur dengan merata. Selain itu, mi juga tidak jadi patah dan hancur karena terlalu banyak diaduk saat ditumis. Setelah dilumuri, baru tumis mi di atas api bersama aneka bahan tambahan lainnya. 

 

Bumbu instan juga bisa digunakan untuk mengolah bihun, caranya bisa dilihat di resep  Bihun Goreng Bumbu Kare ini.

 

      Bagaimana? Ide cerdas ini sangat cocok dipraktikkan di rumah, bukan? Kita akan punya banyak variasi sarapan pagi berbumbu yang tentu tetap praktis. Sarapan jadi praktis dibuat dengan aneka bumbu instan. Mi goreng rendang, kwetiau goreng sambal goreng, atau juga bihun goreng gulai bisa hadir di meja sarapan setiap hari dalam waktu singkat. 

 

(SP/VA)

 

(Baca juga: 6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern)

(Baca juga: Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini)

(Baca juga: Bola Bola Cokelat Krim, Spesial Untuk Si Kecil)

(Baca juga: Sederhana dan Pasti Disuka, Telur Ceplok Sambal Terasi)

Tags

Penulis


Pencinta masak dan kuliner yang memilih kecemplung di dunia jurnalistik. Untung, sekarang bisa menikmati ketiganya sekaligus :) 

 

IG: @virnyapriliand 

Top
Follow Us!