Baca 5 Hal Penting Ini Sebelum Mengolah Tuna

  • Kamis, 12 Januari 2017 19:52 WIB

TUNA GORENG MERICA HITAM

SajianSedap.com - Ikan tuna teksturnya padat, sehingga sangat cocok untuk dibuat makanan yang disuwir atau direbus lama. Sayangnya, tuna mempunyai kelemahan, yakni berbau amis. Karena itu, pengolahannya agak berbeda. Agar hidangan tuna lezat rasanya, baca 5 hal penting ini sebelum mengolah tuna.
 
Tuna di Indonesia
Di negeri kita, tuna ada dua macam. Tuna beku/frozen atau tuna impor tersedia di supermarket dengan warna yang kemerahan. Sementara tuna lokal bisa dijumpai di pasar tradisional. Warnanya lebih putih, kadang merah, tergantung dari perairan mana tuna berasal.
 
Menghilangkan bau amis pada tuna
Untuk menghilangkan bau amis pada tuna, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melumurinya dengan jeruk nipis atau jeruk limau. Cara lainnya dengan menggoreng atau mengukusnya terlebih dahulu. Menggunakan bumbu rempah yang banyak juga bisa meredam amis tuna yang mengganggu.
 
Bumbu yang pas untuk tuna
Bumbu yang pas untuk olahan tuna adalah bumbu tradisional, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, terasi, jahe, ketumbar. Dimasak dalam bumbu sederhana bersama tomat seperti sarden kalengan pun juga nikmat. 
 
Cara mengolah tuna
Banyak cara mengolah tuna. Anda bisa menumis, memanggang atau mengukusnya. Karena seratnya yang panjang, tuna juga bisa diolah dengan cara disuwir setelah digoreng atau dikukus lalu dimasak lagi dalam bumbu tertentu. 
 
Tips penting 
Selalu memilih tuna yang segar, makin amis baunya berarti tuna sudah tidak segar. Jika Anda ingin membuat hidangan tuna tanpa tulang, sebaiknya kulitnya dilepaskan saja. Kalau menggoreng tuna untuk diolah kembali, goreng tuna dalam minyak panas supaya ikan langsung berkulit. Tak perlu menggorengnya hingga cokelat, cukup supaya ikan tidak keras saja.
 
(SP/AH)
foto: dok. Sajian Sedap

Reporter : Amadea
Editor : Marti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×