Detail Artikel

Saat berbelanja Anda hanya menemukan heavy cream, namun dalam resep Anda memerlukan whipping cream. Sebenarnya adakah perbedaan antara heavy cream dan whipping cream?

TANGGAL :

  05/31/2016

EDITOR :

  DEDEAYU

      SajianSedap.com – Pernahkah Anda bingung dengan heavy cream dan whipping cream? Sebenarnya adakah perbedaan antara heavy cream dan whipping cream? Ataukah keduanya adalah produk krim yang sama, hanya saja berbeda nama. Agar lebih jelas simak ulasan berikut ini.

      Krim adalah salah satu bahan tambahan yang digunakan dalam banyak resep. Perbedaan antara satu krim dan yang lain adalah jumah lemak susu di dalamnya. Krim yang dijual sudah dilakukan pengelompokan sebelumnya, yakni sesuai dengan kandungan lemak.

      Umumnya, semakin banyak kandungan lemak dalam krim, akan membuat saus lebih stabil ketika dicampurkan ke dalamnya. Dalam pembuatan saus, kedua krim ini bisa digunakan, karena keduanya memiliki kandungan lemak di atas 25%.

Heavy Cream

      Krim ini adalah jenis krim cair yang mengandung lemak susu antara 36% hingga 40%. Krim ini juga dikenal dengan naman krim kental. Heavy cream lebih padat dibandingkan whipping cream, sehingga sangat cocok sebagai hiasan di bagian atas kue. Selain itu, heavy cream mengandung 5 kalori lebih banyak dari whipping cream. Heavy cream sangat cocok digunakan untuk mengentalkan saus dan membuat makanan penutup, serta saus dan sup.

Whipping Cream

      Whipping cream mengandung lemak susu antara 30% hingga 36%. Dengan kandungan lemak yang lebih sedikit, membuat whipping cream memiliki konsistensi yang lebih cair dibandingkan heavy cream. Tekstur whipping cream juga lebih lembut dan lebih tebal dibandingkan heavy cream, sehingga sangat cocok untuk dicampurkan ke dalam makanan penutup. Tidak hanya dalam makanan penutup, whipping cream juga cocok untuk campuran saus dan sup.

      Wah, ternyata keduanya hanya berbeda jumlah kandungan lemak susu dan kekentalannya saja. Heavy cream mengandung lebih banyak lemak susu dan lebih kental dibandingkan whipping cream. Keduanya juga bisa digunakan sebagai campuran dalam saus, sup, bahkan makanan penutup. (SCI/dari berbagai sumber)

FOTO: CAKESANDMORE.IN

Tags

Penulis


Top
Follow Us!