Bukan Mustahil Membuat Kue Cucur Berserat Cantik Asal Tahu Trik Ini, Catat Ya!

  • Selasa, 19 Desember 2017 11:45 WIB

Bukan Mustahil Membuat Kue Cucur Berserat Cantik Asal Tahu Trik Ini, Catat Ya!

SajianSedap.grid.id – Jangan ragu kalau ingin membuat kue cucur. Kue tradisional satu ini bisa dibuat dari bahan yang sederhana, hanya tepung dan larutan gula. Cucur yang bagus , akan menggembung di bagian tengah seperti topi, berenda di sekeliling pinggirnya, dan berserat di dalamnya ketika kita sobek. Tanpa syarat itu, cucur belum jadi cucur yang sempurna sekalipun enak rasanya.

 

      Dari semuanya, yang paling menantang adalah menghasilkan kue cucur berserat cantik. Soalnya, kue cucur tidak menggunakan ragi sama sekali. Seratnya dihasilkan dari cara pengolahan dan penggorengan yang tepat. Mau tahu? Kami akan bongkar triknya untuk Anda,

 

1. Gula merah wajib digunakan

      Membuat kue cucur wajib menggunakan gula merah. Mengapa? Karna gula merah yang dibuat dari air kelapa akan membantu pembentukan serat di dalam kue. Itu sebabnya kue cucur yang cokelat sering kali lebih berserat dibanding kue cucur pandan yang dibuat dari gula pasir.

 

2.  Mengadon kue cucur harus sambil diuleni

      Agar kue cucur berserat, pengadonan harus dilakukan sambil diuleni. Ingat, pengulenan sudah dimulai ketika kita menuang cairan/larutan gula perlahan-lahan (tidak sekaligus). Ketika larutan gula sudah cukup banyak dituang dan adonan mulai mengental, saatnya kita mengeplok adonan.

 

Reporter : Virny Apriliyanty
Editor : Virny Apriliyanty

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×