Ini Dia Cara Memilih Jamur Berdasarkan Tiap Jenisnya

  • Minggu, 8 Januari 2017 11:00 WIB

tips memilih jamur berdasarkan tiap jenisnya

SajianSedap.com - Meski di dalam masakan seringkali hanya dijadikan pelengkap, namun jamur memberi andil yang besar dalam menyumbang kelezatan makanan. Dan dalam olahan yang spesial, jamur bisa jadi pelengkap hidangan yang istimewa,

Jamur termasuk jenis sayuran yang mudah rusak. Apalagi jika sudah terkena air. Permukaan jamur otomatis akan berair dan menghitam. Saat membeli, pilih jamur dengan batang dan payung jamur yang utuh dan bersih. Jangan memilih jamur yang lembap, basah, atau berlendir, tapi pilih yang kering. Jamur yang menjelang rusak, punya bau yang sedikit menusuk. Makin rusak, makin bau. Pilih jamur yang aromanya segar. 

 

Jamur Kancing

Biasanya disebut juga jamur champignon. Pilih yang payung jamurnya berukuran sama besar, warnanya putih bersih. Jika payung jamurnya sudah berbercak cokelat berarti jamur sudah hampir rusak.

 

Jamur Merang

Pilih yang yang segar, warnanya terang, dan permukaannya halus. Untuk kandungan nutrisi yang lebih tinggi, pilih jamur yang sudah membuka (mekar), tapi bagian bawahnya belum berubah menjadi kehitaman. Atau bisa juga dengan membeli jamur yang masih muda dan belum mekar kemudian menyimpannya dalam lemari es sampai jamur mekar sempurna.


Jamur Tiram

Pilih yang utuh payung jamurnya dan berwarna putih. 

Reporter : Marti
Editor : Marti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×