Detail Artikel

Sekarang kita tidak perlu lagi takut gagal membuat karamel. Dengan 8 trik mudah ini, membuat karamel jadi semudah menjentikkan jari.

TANGGAL :

  03/20/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Karamel termasuk olahan gula yang susah-susah gampang dibuat. Prosesnya membutuhkan trik khusus agar gula yang sengaja digosongkan ini jangan sampai betul-betul gosong dan jadi pahit. Karamel juga harus berwarna coklat keemasan dan berbau harum gula yang meleleh. Dua hal ini adalah kriteria karamel yang sukses dibuat. 

 

Proses membuat karamel sebetulnya sangat mudah. Tapi kalau tidak paham triknya, gula bisa menggumpal. Kendala inilah yang sering dihadapi banyak orang. Untuk itu, kita perlu membaca dulu trik di bawah ini agar sukses membuat karamel yang enak disantap

 

1. Segala jenis gula pasir bisa digunakan. Gula yang butirannya halus membuat sirup lebih cepat jadi. Sedangkan gula yang kasar menciptakan karamel yang lebih harum. 

 

2. Gunakan panci atau wajan yang tebal agar panas yang didapat pas untuk membuat karamel. Kita juga bisa menggunakan wajan berbahan teflon agar karamel tidak menempel atau berkerak. 

 

Baca juga: 20 Menit Saja Membuat Pisang Goreng Saus Karamel Manis dan Lezat

 

3. Buat permukaan gula yang rata. Letakkan panci di atas api kecil. Gula akan membentuk karamel mulai dari bagian pinggir baru perlahan ke arah tengah. Penting untuk tidak mengaduk gula selama proses ini. 

 

4. Jika tidak diaduk lalu bagimana cara melarutkan gula di bagian tengah? Cukup goyangkan wajan atau panci sesekali supaya gula di bagian tengah jatuh ke bagian pinggir. 

 

5. Kita juga bisa menghentikan proses menggosongkan gula sebelum gula larut semua supaya aromanya tidak terlalu gosong. Selanjutnya gula yang tersisa dilarutkan dengan tambahan air. 

 

Baca juga : Puding Karamel Susu Ini Bisa Dibuat Dalam 3 Langkah Saja

 

6. Untuk membantu pembuatan karamel, kita juga bisa menggunakan termometer untuk permen (candy thermometer). Termometer ini bisa memandu kita kapan pemanasan sebaiknya dihentikan. Angkatlah panci ketika suhu mencapai 168 - 170° C.

 

7. Proses selanjutnya dilakukan dengan menuangkan air. Hal ini akan mencegah karamel mengeras atau menggumpal. Ingat selalu gunakan air panas agar tidak terjadi cipratan. 

 

Baca juga: Mari Membuat Roti Jala Ubi Saus Karamel untuk Sarapan Cantik

 

8. Jika ingin menambahkan mentega atau krim pada karamel, lakukan di saat yang tepat. Tambahkan saat karamel sudah berwarna cokelat keemasan dan beraroma wangi gula gosong. 

 

Sebelum membuat karamel pastikan kita menguasai trik-trik di atas. Perlu juga diingat, jika karamel terlanjut menggumpal,  jangan dulu panik. Karamel masih bisa diselamatkan dengan menambahkan sedikit air dan lanjutkan proses memasak. Nantinya gula akan kembali mencair. Selamat mencoba!

 

(SP/VA)

 

Baca juga:

6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

Ini 4 Cara Potong Semangka Yang Praktis & Tetap Cantik

Aneka Manfaat Serai yang Bikin Anda Kepingin Menanamnya di Rumah

Jangan Letakkan 11 Makanan Ini di Freezer Anda! (1)

Tags

Penulis


Pencinta masak dan kuliner yang memilih nyemplung di dunia jurnalistik. Untung, sekarang bisa menikmati ketiganya sekaligus :) 

 

IG: @virnyapriliand 

Top
Follow Us!