Detail Artikel

Yuk, simak tips membuat semur ayam yang dijamin membuat siapa saja yang mencicipinya ingin terus menambah.

TANGGAL :

  06/19/2017

EDITOR :

  DINA

       SajianSedap.Grid.ID – Mari tengok tips membuat semur ayam istimewa dari kami. Tak disangka, ternyata ada banyak jenis semur ayam di negeri kita. Bahkan, ada pula masakan yang namanya bukan semur, tapi kalau diamati sebenarnya bumbu dan cara masaknya mirip semur. Mari belajar membuatnya.

 

      Hal pertama untuk diperhatikan dalam pembuatan semur ayam tentu adalah bahan baku ayamnya. Baik ayam negeri maupun ayam kampung sebenarnya bisa dijadikan semur. Penyerapan bumbu pada ayam kampung pasti lebih sempurna karena waktu masak yang lama. Kuah lebih segar dan gurih rasanya. Sementara itu, jika menggunakan ayam negeri, masakan akan lebih cepat empuk. Namun, kuah semur lebih berlemak karena kandungan lemak pada ayamnya.

 

Baca juga: Wah, Ayam Goreng Bumbu Iris Rasanya Benar-benar Juara!

 

      Untuk membuat semur, kita bisa memotong ayam jadi 8-20 potong tergantung selera Anda. Ayam bisa digoreng kalau takut ayam hancur karena direbus lama. Namun, hasilnya kuah semur kurang berkaldu. Kita jadi menggantungkan cita rasa kepada rempah semur. Selain ayam potong, kita bisa membuat semur dari daging ayam saja dengan membuat bola-bola.

 

      Bumbu dasar semur adalah bawang merah, jahe, bubuk pala, tomat, merica, dan kecap manis. Selain bumbu dasar, kita bisa mengembangkan ketumbar, bawang putih, lengkuas, atau salam. Semur dapat dibuat lebih harum dengan menambahkan cengkeh, kayumanis, jintan, dan adas. Tetapi umumnya orang cuma menggunakan cengkeh dan kayumanis. Hanya beberapa daerah yang membuat semur dengan bumbu pengharum yang lengkap. Umumnya ada di daerah yang menyenangi semur berempah seperti Sumatera atau Jawa Timur.

 

Baca juga: Sedapnya Aroma Ayam Taoco Cabai Hijau Ini Bikin Nafsu Makan Meningkat

 

      Nah, itulah tips yang bisa Anda ikuti dalam membuat semur ayam sendiri ke sini. Selain ayam, kita bisa memvariasikan isi semur. Contohnya adalah tahu, kentang, makaroni, tempe, soun, atau kacang merah. Jangan takut juga untuk menambahkan paprika, santan, atau bahan lainnya. Agar lebih mahir, simak saja aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (RED)

 

Baca juga:

Resep Semur Ayam Klasik

Resep Semur Ayam Pentul Jamur

Resep Semur Ayam Printil

Tags

Penulis


Senin sampai Jumat bolak-balik Kebon Jeruk-Cileduk agar di akhir minggu bisa beli nasi uduk. Instagram saya: @vionettads

Top
Follow Us!