Tahu Tidak? Kesalahan Kecil Ini Membuat Harum Daun Jeruk Tidak Terasa dalam Masakan

  • Kamis, 14 Desember 2017 10:45 WIB

Tahu Tidak? Kesalahan Kecil Ini Membuat Harum Daun Jeruk Tidak Terasa dalam Masakan

SajianSedap.grid.id – Kalau orang Italia menggunakan rosemary, basil dan thyme sebagai sumber aroma pada makanan, orang Indonesia lain lagi. Di sini, daun jeruk jadi bahan aromatik yang paling sering dipakai. Daun beraroma segar ini ditambahkan dalam rendang, soto, rempeyek, bakwan jagung sampai aneka tumisan. 

 

      Tapi sayangnya, banyak orang belum tahu cara menggunakan daun jeruk yang benar. Alhasil, banyak yang bertanya mengapa daun jeruk pada masakan seringkali tidak terasa aromanya. Jawabannya sederhana, karena kita melakukan kesalahan kecil kala memasukkan bumbu dapur aromatik ini dalam masakan. 

 

Kesalahan Kecil Ketika Menggunakan Daun Jeruk 

      Aroma harum daun jeruk berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya. Nah, minyak ini punya sifat gampang menguap jika dipanaskan terlalu lama. Akhirnya aroma daun jeruk pun terbuang percuma. 

 

       Nah, disinilah letak kesalahannya. Banyak orang memasukkan daun jeruk pada awal proses memasak. Biasanya bersama daun salam atau bumbu halus. Tujuannya sih supaya aromanya makin kuat karena dimasak semakin lama. Padahal, justru yang terjadi adalah kebalikannya. Aroma daun jeruk jadi menguap dan tidak bersisa.

 

(Baca juga: Olah Jeroan Ayam jadi Pepes Usus Ayam Daun Jeruk yang Dijamin Nikmat)

Reporter : Virny Apriliyanty
Editor : Virny Apriliyanty

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×