Tips Membuat Telur Ceplok Agar Bagian Kuningnya Pas di Tengah Sehingga Estetik Hasilnya

  • Rabu, 13 Desember 2017 11:15 WIB

Tips Membuat Telur Ceplok Agar Bagian Kuningnya Pas di Tengah Sehingga Estetik Hasilnya

      SajianSedap.Grid.ID – Mari ikuti tips membuat telur ceplok dengan cara tertentu agar bagian kuningnya terletak pas di tengah. Yang melihatnya pun terpesona dengan hasilnya.

 


      Telur ceplok merupakan telur yang digoreng langsung tanpa diadoni dulu di dalam minyak atau di dalam rebusan air. Umumnya, kita menggunakan wajan cekung dalam membuat telur ceplok, tidak seperti fried egg alias telur ceplok orang Barat yang dimasak di wajan datar. Menggunakan wajan cekung ini membuat telur goreng bulat hasilnya.

 

 

(Baca juga: Resep Tahu Telur Klasik khas Surabaya yang Langsung Bikin Jatuh Cinta)


      Minyak dan air yang digunakan  untuk mematangkan telur ceplok harus cukup, setidaknya bisa menutupi telur walau tidak banyak. Tujuannya adalah agar telur bisa matang sempurna dengan media penghantar panas (minyak dan air) yang pas jumlahnya. Telur juga jadi tidak mudah menempel ke wadahnya yang berupa panci atau wajan.


      Untuk membuat telur ceplok biasa, Anda pasti familiar dengan caranya. Pertama-tama, panaskan minyak di api sedang hingga betulan panas. Lalu, pecahkan telur langsung di atas minyak. Biarkan bagian pinggir mengering dan balik.

 

(Baca juga: Membuat Kulit Risoles yang Tidak Mudah Sobek)

Reporter : dina
Editor : dina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×