Detail Artikel

Bubur berkaldu sedap dan gurih selalu pasti disuka seisi rumah. Yuk intip tips mudah membuatnya

TANGGAL :

  03/20/2017

EDITOR :

  MARTI

SajianSedap.com - Bubur ayam termasuk jenis comfort food yang mudah dibuat dan disuka siapa saja. Makanan ini enak untuk sarapan, makan malam atau juga kala sakit. Teksturnya yang mudah dicerna dan disajikan hangat membuat makanan ini selalu ditunggu. 

 

      Membuat bubur sendiri di rumah ternyata tidaklah sulit, lho. Bahannya pun sederhana, yaitu beras berkualitas baik yang memang setiap hari tersedia di rumah. Untuk topping, apapun bisa ditambahkan sesuai selera. Suka ikan, daging, ayam, abon bahkan hanya kacang dan cakwe. Semuanya tetap sedap bersanding dengan semangkuk bubur ayam yang menghangatkan tubuh. 

 

Jumlah Air

 

      Untuk membuat bubur yang pas, kita perlu menentukan jumlah air. Takarannya tidak bisa pasti, tergantung jenis beras yang digunakan. Itu karena ada jenis beras yang banyak menyerap air dan ada yang tidak. Karena itu, kenali dengan baik jenis beras yang kita gunakan di rumah. 

 

Bubur Sukses Harus Berpati


      Bubur yang enak tidak hanya lembek dan matang, tapi juga harus keluar patinya. Pati didapat dari proses pemasakan yang lama. Kalau sudah berpati, tampilan bubur ketika diaduk sudah mengental dan tidak buyar satu sama lain. Bubur seperti ini akan punya rasa gurih dan legit dengan aroma yang menggugah selera. 

 

Perlezat Bubur dengan Kaldu Ayam

 

      Untuk mendapatkan bubur yang gurih, kita bisa menambahkan kaldu. Kaldu bisa di dapat dari rebusan daging ayam, sapi atau juga ikan. Untuk kaldu daging yang gurih maksimal, kita bisa dapatkan dari rebusan daging bersama tulang dan dagingnya. 

 

Baca juga: Sarapan Lezat Esok Hari, Bubur Ayam Teriyaki

 

Perlezat Bubur dengan Kaldu Ikan

 

      Untuk bubur ikan, kita juga bisa menggunakan tulang ikan, lho. Yang paling sering digunakan adalah tulang ikan gabus. Goreng sebentar tulang ikan gabus sebelum dimasak bersama beras hingga menjadi bubur. Saat dirasa bubur sudah hampir matang, angkat dan pastikan tidak ada tulang yang tersisi. Baru setelah itu masukan fillet daging ikan gabus. Cara ini akan membuat daging ikan tidak terlalu matang tapi kita tetap dapat kaldu gurih ikan. 

 

Baca juga: Bubur Ikan Brokoli

 

Cara Memasak Bubur

 

      Saat masih banyak air, bubur sebaiknya tidak sering diaduk. Nantinya ketika sudah mengental barulah bubur harus terus diaduk. Pastikan tidak ada kerak dan gosong di dasar panci karena akan membuat bubur beraroma gosong dan tidak harum. Jangan lupa juga menggunakan panci yang dalam supaya letupan bubur tidak mengenai tangan saat diaduk. 

 

      Nah sekarang tinggal berkeasi dengan aneka topping untuk menemani bubur yang baru saja matang. Bubur sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama karena akan jadi encer. Sajikan bubur selagi hangat dan kental berpati. Bubur yang gurih dan lezat ini akan jadi makanan yang selalu diingat keluarga. 

 

(SP/VA)

 

Baca juga:

6 Keunggulan Kompor Induksi Untuk Dapur Lebih Modern

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

Ini 4 Cara Potong Semangka Yang Praktis & Tetap Cantik

Sore-Sore, Enaknya Membuat Ubi Goreng Kayumanis untuk Ngemil Cantik

Tags

Penulis


Top
Follow Us!