Kandungan Gizi Jambu Biji

By dedeayu, Selasa, 15 Desember 2015 | 17:00 WIB
Kandungan Gizi Jambu Biji (dedeayu)

      SajianSedap.com- Tampilan satu jenis buah kadang tidak bisa menggambarkan nilai gizinya. Contohnya adalah jambu biji. Buah ini tampilannya tidak begitu menggoda seperti jeruk, apel, atau anggur. Harga jambu biji juga rata-rata lebih murah daripada ketiga jenis buah itu. Itu sebabnya, tak jarang buah yang melimpah di daerah tropis ini membusuk di pasar, terutama jika sedang musim panen.

      Padahal, kandungan gizi jambu biji tidak kalah daripada buah-buahan yang tampilannya menggoda dan harganya jauh lebih mahal. Bahkan, dalam beberapa jenis vitamin, kandungan  gizi jambu biji jauh melampaui buah-buah lainnya.

Anda Harus Tahu

  1. Secara umum, jambu biji dengan daging lunak dan berwarna, baik kuning ataupun pink, memiliki gizi yang lebih baik daripada jambu biji dengan daging renyah dan berwarna putih.
  2. Jika sudah matang sempurna, jambu biji akan segera berubah tampilannya menjadi tidak lagi menarik. Kulitnya keriput, dagingnya lembek, bijinya makin keras. Meski demikian, nilai gizinya (lagi-lagi) tidak sesuai dengan tampilannya. Walaupun sudah kelewat matang, jambu biji masih mengandung banyak vitamin. Bahkan aromanya juga lebih kuat. 
  3. Dalam bentuk jus, jambu biji sebetulnya bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Misalnya diolah menjadi puding, es loli, atau es krim. Betakaroten dan likopennya yang harum bisa menjadi esens alami. (MM/ SAA)

FOTO: HEALTHYLIVING.NATURELOC.COM