Memasak Genjer yang Enak, Begini Caranya

By dina, Kamis, 29 September 2016 | 17:00 WIB
Memasak Genjer yang Enak, Begini Caranya (dina)

      SajianSedap.com – Untuk memasak genjer yang enak, ternyata tidak sulit caranya. Walau bentuknya sederhana, genjer bisa diolah dan ditingkatkan menjadi hidangan yang lebih istimewa.

      Tanaman genjer paling tinggi hanya tumbuh setinggi 50 cm. Dengan ukurannya yang tidak begitu besar, genjer untuk diolah. Potong-potong saja kira-kira sepanjang 4-5 cm sebelum dimasak agar mudah untuk dimakan.

      Tekstur genjer di saat belum dimasak sangat renyah. Pasalnya, tangkainya cukup keras untuk menopang tanaman yang tumbuh di lumpur-lumpur sawah. Namun, jika dimasak terlalu lama, genjer akan terlalu lembek dan licin. Oleh karena itu, genjer tidak perlu dimasak terlalu lama. Asal terlihat layu saja, santapan ini sudah siap untuk diangkat dari api.

      Tidak hanya tumbuh di Indonesia. Genjer juga tumbuh di berbagai daerah tropis seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Tiongkok bagian selatan. Jika di Indonesia genjer akrab diolah dengan cara ditumis, negara-negara lain mengolahnya dengan berbagai cara. Di Thailand, genjer dimakan mentah dan disajikan bersama nam phrik, saus pedas asal Thailand. Penyajian ini mirip dengan konsep penyajian lalap dan sambal di Indonesia.

      Jika kita baru pertama kali mengolah genjer, akan lebih pas apabila kita memasaknya dengan bumbu yang sederhana. Tidak perlu membumbui genjer macam-macam. Rasa genjer tawar dan tidak pahit sehingga tidak perlu diolah terlebih dahulu. Cukup cuci bersih genjer, lalu potong-potong sepanjang jari kelingking, kira-kira 4-5 cm.

      Tumislah terlebih dahulu bumbu-bumbu yang kita suka. Jika ingin tumisan genjer sederhana, masaklah seperti memasak cah kangkung. Tumis bumbu iris seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Lalu, masukkan genjer. Beri sedikit air agar agak berkuah, lalu taburi dengan garam, merica, dan sedikit gula. Angkat begitu genjer terlihat agak layu.

      Jika sudah berhasil memasak genjer dengan bumbu sederhana, kita bisa berkreasi dengan menambahkan bumbu lain yang kita suka. Bumbu genjer yang paling enak dan populer adalah tauco, tapi jangan gunakan tauco asin karena akan menutupi rasanya. Selain dengan tauco, genjer juga enak dimasak dengan tambahan udang rebon atau sambal terasi.

      Yuk, belajar memasak genjer yang enak. Selain lezat, genjer juga bergizi tinggi, lho. (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Tumis Genjer Bumbu Taoco Pedas, Tumis Genjer dan Tempe, Tumis Genjer dan Teri