Jenis Makanan Pemutih Gigi Alami

By dina, Kamis, 6 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Jenis Makanan Pemutih Gigi Alami (dina)

       SajianSedap.com – Jika ingin senyum yang menarik, mari konsumsi makanan pemutih gigi alami berikut ini. Makanan tersebut memiliki zat yang dapat memutihkan gigi dan biasanya terdapat pula di pasta gigi.

       Inilah makanan pemutih gigi alami yang bisa kita konsumsi.

Nanas

      Nanas merupakan satu-satunya buah yang mengandung enzim bromelain. Enzim ini bersifat anti inflamasi dan bersifat membersihkan. Sebuah studi di International Journal of Dental Hygiene menjelaskan bahwa bromelain merupakan bahan yang efektif untuk membersihkan gigi. Ia juga terdapat di beberapa merk pasta gigi.

Stroberi

      Banyak yang berpendapat bahwa beri  berwarna gelap bisa menodai gigi. Stroberi merah cerah ini bukanlah salah satunya. Bahkan stroberi mengandung zat yang dapat menetralkan warna gigi kembali ke warna aslinya. Zat ini bernama asam malat. Selain dimakan, stroberi juga bisa dihancurkan lalu dioleskan ke gigi.

Biji dan Kacang

       Untuk kedua jenis makanan ini, bukan zat di dalamnya lah yang dapat membantu memutihkan gigi, melainkan teksturnya. Tekstur kacang dan biji yang keras dan kasar dapat membantu menghilangkan zat yang bersifat buruk untuk gigi. Ketika memakannya, kita seperti sedang memakaikan lulur ke gigi kita.

Brokoli

      Brokoli mengandung serat yang tinggi dan bersifat anti inflamasi. Dalam European Journal of Dentistry juga dijeladkan bahwa brokoli juga memproduksi zat yang dapat melindungi enamel gigi dari asam perusak sehingga gigi tidak berkarang dan berlubang.

Keju

      Makanan fermentasi susu ini tinggi kalsium sehingga dapat melindungi gigi dan tulang. Ia juga mengandung kasein yaitu protein susu yang dapat mengurangi enamel gigi dari kehilangan mineral. Untuk hasil terbaik, makanlah jenis keju keras karena proses fermentasinya lebih panjang. Teksturnya juga jadi lebih baik.

      Itulah makanan pemutih gigi alami yang bisa kita konsumsi agar gigi selalu cantik dan sehat. Selain pemilihan makanan, konsumsilah banyak air putih, Sobat SaSe. Air akan membersihkan mulut sehingga gigi terhindar dari zat-zat yang berbahaya untuk keindahannya. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: MIDWESTDAIRY.COM