Pantas Mertua Gak Kolesterol Walau Makan Santan Selama Puasa, Rahasianya Cuma Makan Timun Tiap Selesai Makan! Efeknya Lebih Ampuh dari Obat

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 30 April 2022 | 17:40 WIB
Timun dan kolesterol ()

SajianSedap.com - Lebaran waktunya konsumsi makanan serba kolesterol.Lihat saja menunya yang serba daging dan santan.Makanya, obat kolesterol laris manis jelang dan sesudah Lebaran.Namun, sebenarnya kita bisa menurunkan kolesterol secara alami cuma dengan makan timun.Ya, timun tinggal dimakan rutin tiap selesai makan.Efeknya bisa jauh lebih hebat dari obat, lo.Manfaat Makan Timun Untuk KolesterolSayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh.Melansir dari Healthline.com, mentimun efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Alasannya mentimun kaya akan potasium, mangan, vitamin K, dan C.Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membuat tubuh tetap terhidrasi.Tidak hanya menurunkan kolesterol, mentimun juga bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, memelihara fungsi ginjal, dan mengurangi peradangan pada sel-sel kulit.The American Heart Association juga mengatakan bahwa serat dapat membantu mengontrol kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.Mentimun yang tidak dikupas yang berukuran 142 gram menyediakan 193 mg potasium dan 17 mg magnesium.The Dietary Guidelines merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi 4.700 mg potasium setiap hari dan 310-410 mg manesium.Cara paling mudah mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengonsumsi timun mentah setiap setelah makan.Selain itu, kita juga bisa mengolahnya menjadi jus, lo.Seperti yang dilansir dalam laman Food.NDTV, kita bisa mengolah mentimun dengan resep minuman menyegarkan dan menyehatkan yang satu ini.

Baca Juga: Pantas Suami sampai Melongo, Ternyata Gegara Payudara Istri Dioles Pakai Kuning Telur Campur 1 Bahan Ini, Efeknya Bisa Bikin Kencang!

Ikuti resep jus mentimun lemon dari laman All Recipes, berikut.Bahan:235 ml air mineral123 gram gula atau sesuai selera1 buah mentimun ukuran sedang6 buah lemon, peras untuk mengambil airnyaCara membuat jus mentimun lemon1. Rebus air dan gula sampai larut. Matikan kompor dan dinginkan. Kalau air gula sudah dingin, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.2. Blender mentimun hingga lembut. Tuang air gula ke dalamnya.3. Kalau sudah lembut, tuang ke dalam gelas dan tambahkan dengan air perasan lemon. Nikmati dalam keadaan dingin.Nah, selain untuk kolesterol, timun juga memiliki sederet manfaat kesehatan lain jika dikonsumsi secara rutin.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Seumur Hidup Bebas Dari Bergantung Pada Obat, Diabetes Ternyata Bisa Dikendalikan Hanya Makan Kacang Polong Rebus, Khasiatnya Bakal Berlipat Ganda

Berikut beberapa manfaat kesehatan lain jika kamu rutin mengonsumsi timun.1. Mencegah kankerKanker menjadi penyakit berbahaya yang kerap ditakuti banyak orang.Tapi, kanker ternyata bisa dicegah salah satunya dengan hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi layaknya timun.Timun diketahui memilik kandungan yang antioksidan yang melimpah dan memiliki senyawa brnama cucurbitacins dan nutisi lignan.Kandung-kandungan itu diyakini berperan dalam melindungi tubuh dari bahaya kanker.Selain itu, berdasarkan studi Journal of Cancer Research, diet flavonoid fisetin yang ditemukan dalam mentimun bisa membantu memperlambat perkembagan kanker prostat.2. Menurunkan tekanan darah tinggiKelebihan garam menjadi salah satu biang kerok timbulnya penyakit darah tinggi.

Baca Juga: Berbulan-bulan Tahan Malu, Padahal Flek Hitam Bisa Pudar Cepat Cuma Modal Kulit Timun! Pengguna Skincare Bisa Insecure Lihat Hasilnya

Pasalnya, kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan sehingga meningkatkan tekanan darah.Di sisi lain, mentimun mengandung potasium yang berpotensi menurunkan tekanan darah.Karena itu mengonsumsi timun baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.3. Meningkatkan kesehatan tulangTimun ternyata mengandungsekitar 19 persen vitimn K yang tinggi.Dengan kandungan vitamin K ini timun bisa membantu menjaga kesehan tulang dan jaringannya.Karena itulah mengonsumsi timun secara konsisten mebantu tubuh mendapatkan vitamin K yang baik untuk tulang.