Sehabis Lebaran Mertua Langsung Buru-buru Minum Air Rebusan Pandan Tiap Pagi dan Sore Hari, Perubahan Luar Biasa Ini Langsung Terjadi di Badan

By Virny Apriliyanty, Selasa, 3 Mei 2022 | 16:10 WIB
Memasak nasi dengan daun pandan untuk mencegah diabetes (houseofannie.com)

SajianSedap.com - Lebaran telah usai, saatnya kembali pada rutinitas.Nah, setelah Lebaran biasanya kesehatan tubuh menurun lantaran konsumsi makanan yang kurang sehat.Belum lagi makan yang tak terkontrol banyaknya.Karena itu, ada baiknya setelah Lebaran ini kita segera mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin.Efeknya bisa luar biasa banget bagi tubuh.Rugi kalau melewatkannya.Manfaat daun pandanAroma harum yang khas ini terasa kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering.Selain sebagai pengharum kue, daun pandan juga dipakai sebagai sumber warna hijau bagi makanan (selain daun suji).

Baca Juga: Buntil Daun Singkong Recipe, Even Die-Hard Meat Maniacs Will Love This

Daun pandan bisa digunakan sebagai komponen hiasan penyajian makanan, dan juga sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan (dironce) untuk mengharumkan ruangan.Daun pandan termasuk jenis tumbuhan monoktil dari famili Pandanaceae.Memiliki aroma wangi khas, daun pandan biasanya dipakai untuk masakan tradisional Indonesia dan negara-negara di Asia.Daun pandan mengandung tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang.Untuk kesehatan, daun pandan memiliki sederet manfaat untuk lemah saraf, menghitamkan rambut, mengurangi ketombe, rematik dan pegal linu.Selain untuk aroma yang harum dan kuat, daun pandan ini juga untuk pewarna hijau alami pada makanan selain daun suji.Ternyata daun pandan mempunya beberapa manfaat untuk tubuh.Tidak banyak orang tahun rajin mengkonsumsi air rebusan daun pandan memiliki khasiat untuk tubuh.Mengutip dari Grid.id, berikut manfaat rebusan daun pandan jika dikonsumsi rutin :

Baca Juga: Jangan Main Cabut! Cuma Modal Daun Pandan Bisa Bantu Usir Uban dan Rambut Kembali Hitam Berkilau, Rugi Banget Kalau Gak Coba

1. Mengatasi diareDaun pandan mengandung antibakteri dan antimikroba. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada lambung, termasuk saat sedang mengalami diare.Caranya: minum rebusan air pandan setiap pagi dan sore hari hingga keadaan membaik.2. Menyembuhkan demamSifat antibakteria pada daun pandan dapat mengatasi infeksi demam dalam tubuh.Caranya taruh 2 sampai 3 lembar daun pandan di dua gelas air mendidih kemudian sarang.Minum sebanyak dua kali sehari.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Bukan Dimasak Tapi Malah Dibuat Keramas, Air Pandan Diam-diam Bisa Tuntaskan Masalah Rambut Sejuta Umat Ini, Ampuh Banget!

3. Menurunkan tekanan darah tinggiDarah tinggi masih penjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia versi WHO.Caranya yaitu masukkan 2-3 gelas air ke dalam panci, tambahkan 3 gram daun pandan, masak hingga mendidih hingga airnya berkurang setengah.Minum ramuan ini dua kali sehari, pada pagi dan sore hari secara rutin.4. Mengatasi insomniaSenyawa alkaloid yang terkandung dalam daun pandan bisa menyembuhkan insomnia atau kesulitan tidur.Ambil beberapa lembar daun pandan, seduh dengan air mendidih.Tambahkan satu sendok makan madu, lalu minumlah selagi hangat.5. Meredakan rasa cemasDaun pandan juga memiliki efek menenangkan untuk tubuh.Jika rutin meminum rebusan air pandan dan meringankan gejala cemas yang sering dialami.Caranya ambil 3-5 daun pandan, potong-potong menjadi irisan tipis, masukkan ke dalam air mendidih.