HATI-HATI! Jangan Anggap Remeh Kalau Bunga Es di Kulkas Munculkan Ciri-ciri Ini, Bisa Bikin Kulkas Meledak sampai Bahayakan Seisi Rumah

By Virny Apriliyanty, Senin, 9 Mei 2022 | 14:10 WIB
Cara mudah bersihkan bunga es (Freepik)

SajianSedap.com - Bunga es seringkali dianggap sebagai hal wajar.Katanya, bunga es memang bawaan normal dari kulkas.Makanya, banyak yang membiarkan bunga es begitu saja sampai begitu tebal.Padahal, bunga es begitu merugikan bagi kulkas, lo.Bahkan, bunga es bisa menyebabkan ledakan.Bahayanya bisa sampai seisi rumah.Bunga Es Harus Segera DibuangSenin (31/08/2020) lalu, celebrity chef Edwin Lau nampak membagikan tips and trik penggunaan freezer lewat instagram pribadinya. Edwin Lau selama ini memang dikenal aktif menggunakan instagramnya untuk memberikan pemahaman seputar kuliner.

Baca Juga: Enjoying F&B in a Serene Park: Urban Farm at PIK 2 Returns With More Foods, More Fun Activities

Nah, kali ini, Edwin Lau memberikan deretan kesalahan yang sering terjadi dalam freezer. Salah satunya ternyata bunga es atau yang disebut ice crystal. Dalam postingannya, Edwin Lau mengatakan kalau bunga es memang wajar terbentuk dalam freezer. Penyebab utamanya adalah kondisi freezer yang terlalu penuh. "Pada kondisi freezer yg terlalu penuh, bunga es pasti akan terbentuk akibat fluktuasi suhu didalam freezer.", tulisnya.Namun, bunga es sebaiknya tidak dibiarkan.Kenapa?Karena ada beberapa bahaya bunga es untuk freezer itu sendiri.Salah satunya adalah freezer bisa rusak karena penyumbatan pada bagian pipa.

Baca Juga: Iseng-iseng Tempel Plastik dalam Freezer, Wanita ini Bikin Shock Seisi Rumah Setelah Melihat Isi Kulkas, Ada Apa?

Selain itu, tagihan listrik bisa jadi meningkat karena kerja freezer jadi lebih berat."Ini juga akan membuat freezer lebih mudah rusak karena bisa menyumbat pipa / onderdilnya, plus tagihan listrik meningkat karena freezer bekerja lebih berat."Karenanya, Edwin Lau menyarankan kita untuk mencuci dan membersihkan freezer setiap sebulan sekali agar bunga es lebih minim terjadi.Tapi kalau sudah terbentuk, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan bunga es dengan mudah. 1. Matikan kulkasLangkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut aliran listrik.Hal ini dilakukan agar proses membersihkan freezer jadi lebih aman.Adanya aliran listrik yang masih berjalan kemungkinan akan menyebabkan arus pendek hingga korslet.Jadi, ada baiknya kita menjaga keselamatan kerja di dapur dengan memutus seluruh aliran listrik ke kulkas.

Baca Juga: Kelupaan Taruh 1 Panci Air Panas Di Freezer, Setelah Dibuka Malah Bikin Kaget Lihat Perubahan Yang Bikin Tagihan Listrik Anjlok, Ada Apa?

2. Kosongkan freezerKeluarkan semua bahan makanan yang disimpan di dalam freezer ke wadah lain.Kegiatan ini dilakukan untuk membantu mempercepat melelehkan bunga es pada freezer, apalagi yang sudah menumpuk.Selain itu kita juga bisa memilah bahan makanan mana saja yang masih layak untuk disimpan atau untuk diolah dan bahan mana saja yang sebaiknya dibuang.3. Biarkan bunga es mencairWalaupun saat ini kebanyakan freezer sudah tidak memproduksi bunga es lagi, namun masih ada beberapa freezer yang memproduksi bunga es.Bagi freezer yang memproduksi bunga es, biarkan bunga es mencair dengan sendirinya dengan cara membuka pintu freezer.

Baca Juga: Cuma 10 Menit, Tinggal Semprotkan 1 Bahan Ini Ke Freezer Ternyata Bisa Bikin Bunga Es Langsung Hilang Seketika, Coba dan Buktikan Hasilnya!

Lama pencairan bunga es ini bervariasi, tergantung tebal atau tidaknya bunga es.Jangan gunakan alat tajam seperti pisau untuk menyongkel bunga es yang sudah mulai tipis dan mudah untuk dicongkel, karena akan merusak lapisan freezer.Jika ingin mempercepat waktu melelehkan bunga es, gunakan pengering rambut atau dua mangkuk air panas yang diletakkan di dalam freezer.4. Hilangkan bau tak sedapTerkadang ada bau kurang sedap yang menempel pada freezer.Hal ini bisa disebabkan karena ada beberapa makanan yang mengeluarkan bau tidak tersimpan dengan rapat.Kita bisa menghilangkan baunya dengan menggosok dinding freezer dengan campuran air dan baking soda.5. Lap freezerPastikan semua bunga es leleh dan sudah digosok dengan campuran air dan baking soda.

Baca Juga: Puluhan Tahun Pakai Kulkas Baru Sadar Sekarang, Kebiasaan Sepele ini Bisa Jadi Penyebab Bunga Es Numpuk Sampai Susah Ditutup

Kemudian yang harus kita lakukan adalah melap freezer dengan lap bersih atau gunakan sikat gigi untuk bagian yang sulit dibersihkan.Dengan begini, semua bagian freezer akan bersih dengan sempurna.6. Nyalakan freezerKalau sudah yakin semua bagian bersih, kita bisa menyalakan freezer kembali.Kita juga bisa memasukkan kembali makanan yang bisa disimpan ke dalam freezer lagi.Jangan lupa atur makanan dengan rapi, ya!Sekarang sudah tahu, kan, cara membersihkan freezer yang benar?Siapapun bisa melakukannya sendiri, kok!Dengan begini, dingin freezer akan lebih tahan lama untuk menyimpan berbagai makanan. (SCI/ dari berbagai sumber)