Bagaimana Cara Menghilangkan Cat di Lantai Keramik? Ternyata Gampang Cuma Pakai Cairan Pembersih Kutek Saja

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 11:40 WIB
Ini Dia Cara Menghilangkan Cat di Lantai Keramik ()

SajianSedap.com - Tahukah kamu kalau ada cara menghilangkan cat di lantai keramik.Ya, kadang saat kita mengecat rumah, ada saja cat yang tak sengaja menetes ke lantai keramik.Biasanya, noda seperti ini akan mengering dan sulit lepas.Tapi ternyata kita bisa menghilangkan cat di lantai keramik cuma pakai pembersih kutek saja, lo.Tak pernah tahu kan?Padahal cara ini gampang dan ampuh banget, lo.Cara Menghilangkan Noda Cat di Lantai KeramikBeberapa orang mungkin tidak menutup lantai keramik ketika mengecat dinding lantaran mengira aliran cat tidak akan mengenai lantai.Akan tetapi, proyek pengecatan memiliki beragam kemungkinan yang memungkinkan cat untuk mengotori lantai, mulai dari kaleng cat tidak sengaja tersenggol hingga cipratan cat dari kuas atau roller.Oleh karena itu, penting halnya untuk melapisi lantai keramik dengan terpal atau lembaran koran bekas guna mencegah permukaan terciprat cat dinding.Apabila lantai keramik sudah terlanjur memiliki noda cat tembok, ada beberapa cara menghilangkan noda cat di lantai keramik, seperti disadur Fantastic Cleaners, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Digosok Pakai Spons Gak Mempan, Cara Menghilangkan Noda Karat di Lantai Bisa Semudah Membalikkan Telapak Tangan Kalau Pakai Bahan di Kulkas Ini, Contek Caranya Yuk!

Apa saja?1. ThinnerThinner bisa digunakan untuk menghilangkan noda cat yang masih basah.Namun, mereka adalah bahan kimia keras.Dalam banyak kasus, mereka dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi umum.Jika ingin menggunakannya, kenakan alat pelindung diri dan pastikan ruangan berventilasi baik.Cara menggunakannya adalah mencelupkan kain lap atau cotton bud ke dalam thinner untuk dioleskan pada noda cat.

Cara membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak
Gosok secara hati-hati agar lantai keramik tidak rusak. Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.Jika noda cat sudah hilang, bersihkan area dengan larutan 709 mililiter air yang dicampur dengan dua sendok teh sabun cuci piring.2. Cuka putih suling

Baca Juga: Tak Sengaja Menumpahkan Air Rebusan Serai untuk Suami ke Lantai, Setelah Dipel, Kok Malah Rumah Jadi Bebas Nyamuk?

Cara lain untuk membersihkan noda cat di lantai adalah dengan campuran cuka putih suling dan beberapa tetes minyak esensial yang telah dihangatkan.

Celupkan kain lap ke dalam campuran, oleskan pada noda cat, diamkan selama 10-15 menit atau lebih, dan kikis noda cat pakai pengikis.Lalu, bersihkan area dengan kain lap lembap.3. Pembersih kuteksPembersih kuteks bisa digunakan untuk membersihkan noda cat dinding berbasis minyak.Mereka efektif untuk noda cat yang sudah mengering atau masih baru.Mulailah dengan mengikis noda cat pakai pengikis plastik.Lalu, tuangkan sedikit pembersih kuteks ke kain lap untuk dioleskan pada area bernoda.Diamkan selama beberapa menit agar noda cat melunak, gosok area dengan kain lap, dan bilas area pakai air sabun.Cara Supaya Keramik Jadi MengkilapLantai keramik rumah awalnya selalu mengkilap, namun karena perawatan yang kurang tepat lantai keramik ini bisa berubah jadi kusam.

Baca Juga: Awalnya Coba-coba Tambah 1 Sendok Bahan Dapur ini ke Air Pel, Hasilnya Malah Bikin Keramik Kinclong Mengkilap Sampai Bisa Ngaca!

Lantai akan berkurang kilaunya karena tertutup tumpukan debu dan kotoran.Lantai keramik yang kusam sudah barang pasti akan mengubah suasana ruang menjadi nampak suram dan kotor.Banyak cara untuk bisa mengembalikan kilau keramik.Namun sayang, beberapa bahan justru membuat permukaan keramik menjadi licin sehingga membahayakan kaki-kaki seluruh anggota keluarga.Bahan pembersih lantai yang bisa bekerja efektif membersihkan debu tanpa membuat lantai menjadi licin tentu saja menguras pundi-pundi.Jadi untuk Anda yang ingin berhemat namun menginginkan suasana rumah yang nyaman dan berkilau, cobalah melirik bahan-bahan alami yang bisa digunakan mengkilapkan lantai rumah.Melansir dari Hunker, berikut ini bahan alami yang bisa digunakan membersihkan lantai keramik rumah:1. Cuka putihTidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.Cuka putih bisa sangat efektif digunakan membersihkan kotoran yang melekat pada lantai rumah.Caranya campurkan cuka dan air bersih dengan perbandingan 1:1 di sebuah ember cukup besar.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ngepel Lantai dengan Lemon Dicampur Bahan Ini Bisa Bikin Kinclong, Gak Bau Amis Kalau Sudah Kering

Aduk hingga larutan cuka larut dengan air.Cuka yang tak larut bisa merusak lapisan semen yang menghubungkan lantai keramik.Setelah semua tercampur rata, gunakan larutan tersebut untuk mengepel seluruh lantai rumah.Cuka bisa membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap yang menempel di lantai keramik rumah Anda.2. Baking sodaBaking soda juga bisa membersihkan kotoran yang menempel di lantai serta mengembalikan warna alami keramik lantai.Campurkan baking soda dengan air hangat sehingga terbentuk pasta yang agak kental.Celupkan sikat gigi yang sudah tak terpakai ke dalam pasta, dan gunakan sikat untuk membersihkan lantai keramik yang kotor atau kusam.Biarkan pasta menempel selama 10 menit, baru bersihkan lantai dengan air hangat.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membersihkan Noda Cat Dinding di Lantai Keramik"