Bukan Hoax! Handphone Beneran Bisa Meledak Karena 6 Kebiasaan Sepele Sehari-hari Ini, Amit-amit Jangan Lakukan Lagi

By Virny Apriliyanty, Jumat, 4 November 2022 | 11:25 WIB
Handphone bisa meledak karena kebiasaan sepele sehari-hari ini (Notebook Check)

SajianSedap.com - Pernah dengar kasus handphone yang meledak? Pasti kita bertanya-tanya, kenapa bisa handphone meledak secara tiba-tiba kan? Faktanya, sebagai barang elektronik, handphone memang mungkin sekali meledak, lo. Bahkan, ledakannya kadang bisa sampai mengancam nyawa. Makanya kita harus tahu 6 kebiasaan sepele yang bikin hp meledak ini. Jangan-jangan kita juga sering melakukanya!Penyebab HP MeledakNah, sebenarnya kasus HP meledak memang banyak terjadi dan banyak juga pemicunya.Dilansir dari Kompas.com salah satu penyebabnya adalah meletakan HP dekat dengan sumber panas.Misalnya, ibu-ibu yang sedang memasak di dapur, kemudian meletakkan ponselnya di dekat kompor.Atau melerakkan handphone di dalam mobil yang panas karena dekat mesin.

Baca Juga: Telat Bayar BPJS? Ini Dia Cara Cek Tunggakan BPJS Cuma Lewat HP, Lengkap Panduan Step by Stepnya

Ini tentu akan membuat ponsel jadi panas dan jika berlangsung lama maka tentu saja dapat meledak karena terlalu dekat dengan sumber panas.Selain itu, hal lain apa lagi yang menyebabkan ponsel bisa meledak?Berikut ulasan yang dilansir dari Kompas.com:1. Menggunakan charger tidak original

Menggunakan Handphone
Disarankan menggunakan produk original dari suatu vendor ponsel.Penggunakan barang yang tidak asli akan menyebabkan ponsel menjadi tidak normal dan bisa membahayakan bagi para penggunanya.Pengunaan charge original juga telah diuji dengan standar produksi yang sudah ditetapkan sehingga dapat lebih menjamin tingkat keamanannya.2. Memakai charge mobil yang berkualitas rendahJika Anda sedang didalam mobil, kemudian mengisi baterai dengan charge yang tersambung pada mobil, maka gunakan charge atau kabel penghubung yang berkualitas.Jika tidak maka dapat saja menyebabkan korslet di hp Anda, dapat juga karena pergeseran colokan ke ponsel Anda tidak tertancap dengan baik sehingga terjadi arus pendek.

Baca Juga: Padahal Pakai Tiap Hari Tapi Gak Tahu, Ternyata HP Gak Boleh Ditaruh di 8 Tempat Ini! Ada yang Bisa Sebabkan Kanker sampai Kebakaran

3. Memakai charge dari jenis perangkat lainMisalnya jika Anda memiliki smartphone, kemudian menggunakan charge dari suatu tablet atau charge perangkat yang lain, maka bisa saja menyebabkan baterai hp menjadi cepat panas sehingga dapat saja terjadi kerusakan.Hal ini tak lain dari besarnya kapasitas arus listrik yang berbeda antara ponsel dan tablet.4. Mengisi baterai yang sudah penuhPara ahli mengungkapkan jika baterai yang telah penuh dan dicharge dalam waktu tertentu akan memungkinkan terjadinya ledakan karena overheating.Jadi jangan biasakan mengecharge ponsel sesaat sebelum tidur, lalu melihatnya pagi, setelah bangun.5. Memakai baterai rusak atau cacatJika kita tidak mengganti baterai yang rusak atau cacat maka bisa saja terjadi hal hal yang tidak di inginkan.Ponsel dapat saja terjadi arus pendek didalamnya sehingga hp dapat saja terbakar.6. Memakai hp saat dichargeMemakai hp terutama telpon saat ponsel dicharge dapat menyebabkan overheating atau panas yang berlebihan.Kejadian buruk bisa saja terjadi jika panas berlebihan terjadi saat kita menggunakan ponsel tersebut.