Ada yang Belum Tahu Khasiat dari Mengonsumsi Jagung Merah Buat Kesehatan Tubuh? Ini Dia 5 Khasiatnya dan Cara Mengolahnya!

By Intan Yusan S, Jumat, 19 Mei 2023 | 15:30 WIB
Mengonsumsi jagung merah berkhasiat buat kesehatan tubuh. ()

SajianSedap.com -  Di Indonesia, selain jagung yang berwarna kuning, masyarakat juga mengenal beberapa jenis jagung lain. Ada yang berwarna merah atau keunguan, juga ada jagung yang berwarna putih dengan bintik-bintik ungu kehitaman, yang sebagian orang menyebutnya jagung batik karena tampak bercorak. 

Uniknya, jagung merah ini, sesuai dengan namanya, memiliki warna merah pekat. Ketika masih diselubungi kulitnya, pada bagian bawah batangnya tampak kemerahan. Sehingga jagung merah menjadi lebih mudah dikenali, meskipun masih terbungkus di dalam kulitnya.

Rasa jagung merah memang tidak semanis jagung kuning yang jenis jagung manis. Tampaknya, hal ini juga yang menjadikan jagung merah menjadi pilihan sejumlah diabetesi atau penderita diabetes, dalam menggantikan konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat. Jika direbus, tekstur jagung merah akan terasa lebih kenyal dan padat. Ketika disantap, agak mirip ketika sedang mengunyah ketan hitam.

Selain dapat menggantikan karbohidrat di dalam asupan pangan sehari-hari, jagung merah sebagaimana jagung kuning atau jagung yang rasanya manis, juga memiliki banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh, lo, selain bagi penderita diabetes!

Apa saja, sih, khasiat dari mengonsumsi jagung merah? Dan kira-kira jagung merah ini bisa dimasak ke dalam menu apa saja, ya? Akun kesehatan Alodokter.com menyebutkan, jagung merah merupakan alternatif bahan pangan bergizi yang rendah karbohidrat dan kalori.

Berikut sejumlah manfaat dari mengonsumsi jagung merah: 

1. Melancarkan peredaran darah. Jagung merah mengandung antioksidan antosianin yang bisa mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Memelihara kesehatan mata. Jagung merah mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein yang bisa mencegah gangguan pada mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Meningkatkan kepadatan tulang. Jagung merah kaya akan unsur fosfor yang bisa meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang serta gigi.

4. Mencegah depresi. Jagung merah ternyata mengandung unsur magnesium yang bisa membantu menjaga kesehatan serta fungsi otak dan suasana hati.

5. Menangkal radikal bebas. Jagung merah mengandung banyak vitamin C dan antioksidan lain, yang bisa menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serta penuaan dini.

Itu dia lima manfaat atau khasiat dari mengonsumsi jagung merah yang baik bagi tubuh kita. Lalu, sebaiknya jagung merah diolah dengan cara apa, ya? Jagung merah bisa diolah dengan berbagai cara, lo, seperti direbus, dikukus, atau bahkan dimasak menjadi tambahan isi sup, misalnya sup bayam. Nah, sudah siap mengolah jagung merah?