Sajiansedap.com – Perkembangan industri kecantikan lokal Indonesia tampaknya kian membawa warna baru bagi para konsumen.
Hal ini juga diimbangi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat penampilan.
Banyak sekali merek kosmetik lokal yang terpacu memproduksi produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru, yang sesuai kebutuhan masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.
Seiring perkembangan zaman, produk kosmetik pun digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.
Bahkan sudah semakin tersedia produk kosmetik yang diformulasi secara khusus, mulai dari untuk bayi hingga laki-laki.
Sebagai salah satu sektor industri binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian, industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.
Hal ini dikarenakan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal dan telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.
Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia sebagai media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia menggelar “Cosmetic Day 2023” yang berlangsung pada 24-26 November 2023 lalu di Main Atrium Lantai 5, AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.
Baca Juga: Bikin Kulit Glowing Cuma Modal Daun Pepaya, Bakal Syok Lihat Hasilnya
MENDORONG PEMANFAATAN BAHAN BAKU LOKAL INDONESIA
Ditjen IKMA telah rutin melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik.
Di antaranya melalui pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), fasilitasi izin edar produk, fasilitasi mesin dan peralatan, promosi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, penerapan Industri 4.0, penguatan branding produk kosmetik, restrukturasi mesin dan peralatan, hingga pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).
“Dengan berbagai upaya ini, diharapkan dapat terbentuk ekosistem industri kosmetik mulai dari hulu sampai ke hilir,” ujar Ditjen IKMA.
Dirjen IKMA turut menyampaikan, sejak 2019 Kemenperin rutin menyelengarakan Cosmetic Day sebagai salah satu agenda tahunannya.
“Acara Cosmetic Day diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik nasional, khususnya yang memanfaatkan bahan baku lokal,” imbuhnya.
“Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi setiap pelaku industri kosmetik di Indonesia untuk memperluas pasar dan membangun jejaring, baik dengan sesama pelaku industri maupun stakeholder terkait. Serta endorong kecintaan masyarakat kepada produk-produk kosmetik nasional,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan, Ni Nyoman Ambareny, turut memberi sambutan.
“Mengusung tajuk ‘Yang Lokal Semakin Fenomenal’, Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat menjadi bagian dari jalanan kosmetik lokal semakin kuat di pasar Indonesia, bahkan siap diekspor ke pasar internasional. Kami menggandeng 20 perusahaan IKM kosmetik binaan Kemenperin untuk berpartisipasi memamerkan produknya di Cosmetic Day 2023.”
Baca Juga: Bikin Kulit Glowing Cuma Modal Daun Pepaya, Bakal Syok Lihat Hasilnya
BERBAGAI TOPIK TALKSHOW TERKAIT BEAUTYPRENEUR
Cosmetic Day 2023 menghadirkan rangkaian acara, mulai dari Temu Bisnis pelaku industri kosmetik, Beauty & Business Talkshow, Beauty Workshop, dan pameran produk kosmetik dari 20 IKM binaan Kementerian Perindustrian.
Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia, Idho Nugroho, menuturkan, “Mewakili Stylo Indonesia dan Grid Network – Kompas Gramedia, kami merasa bangga bisa berkolaborasi bersama Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian.”
Ridho mengungkapkan, “Kolaborasi ini sejalan dengan visi, misi serta program UKM fashion-beautypreneurship yang dirintis Sty;lo Indonesia dan telah berjalan sejak 2021.”
Cosmetic Day ini, lanjut Ridho, juga bersinergi dengan program Srikandi Untuk Negeri yang baru saja diluncurkan pada Juni 2023 lalu, dengan fokus objek para perempuan Indonesia di balik industri UKM.
“Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, kami juga menggandeng berbagai stakeholder lain, seperti mengundang perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa Program Studi Tata Rias, serta influencer beautypreneur inspiratif Indonesia yang telah berhasil membangun brand kosmetik lokal,” papar Idho.
Berbagai topik talkshow yang dilakukan di antaranya bertema tentang legalitas kosmetik, inovasi bahan kosmetik, kebijakan Wajib Halal 2026, tips branding usaha kosmetik, hingga wirausaha di bidang kosmetik.
Adapun penyelenggaraan Cosmetic Day 2023 turut didukung Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI), Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK), Mustika Ratu, Yayasan Puteri Indonesia, ParagonCorp, Wardah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Srikandi Pintar Indonesia, NAMA Beauty, Universitas Negeri Jakarta, Hairess Home, Srikandi untuk Negeri, serta Kimia Farma.