Renyahnya Dendeng Daun Singkong

By miftah, Rabu, 15 Februari 2012 | 05:38 WIB
Renyahnya Dendeng Daun Singkong (miftah)

Dendeng menjadi salah satu kuliner khas Nusantara. Olahan daging pipih yang manis dengan aroma ketumbar yang kuat menjadi resep dasar dendeng. Biasanya di pasaran tersedia dendeng sapi, ayam atau dendeng ikan. Namun di Bekasi ada olahan dendeng berbahan daun singkong. Rasanya? Gurih dan renyah.

Jika daun singkong selama ini hanya kita santap sebagai lalapan atau dalam olahan sayur gulai,  kini tersedia dendeng singkong yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda yang ingin memulai usaha makanan unik. Bahkan dendeng ini sudah ditenteng sebagai oleh-oleh sampai ke luar negeri, lo. Tak sedikit pelanggan yang membawa dendeng ini hingga ke Korea Selatan, Hongkong, hingga Amerika Serikat. Dendeng renyah     Tak seperti dendeng kebanyakan yang teksturnya masih agak basah, dendeng singkong bertekstur kering dan renyah. Warnanya juga hijau gelap. Terlihat jelas serat-serat daun singkong yang bertabur dengan ketumbar. Aroma harum ketumbar langsung tercium ketika hendak menyantapnya. Selain bisa digunakan sebagai lauk, tak kalah enak sebagai camilan. “Karena renyah dan gurih, susah berhenti kalau sudah ngemil dendeng singkong,” seloroh Ny. Sriani (55), sang pemilik dendeng singkong bermerek Anita ini.

    Nah, Anda ingin tahu lebih jauh soal dendeng singkong yang gurih dan renyah ini? Temukan info lengkapnya di edisi terbaru kami, SAJI No. 232. Dapatkan juga bonus 40 halaman yang membedah lengkap soal peluang bisnis di tahun 2012 ini. Jangan sampai kehabisan, ya!