PT Heinz ABC Indonesia tahun ini kembali menggelar program amal tahunan bulan Ramadhan, ABC Dapur Peduli 2013, Rabu (17/07), untuk terus memotivasi kaum ibu berbagi kebaikan kepada sesama, terutama dhuafa. ABC Dapur Peduli tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya dengan adanya lebih banyak kota yang berpartisipasi serta inovasi program ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan. Hari Widyo, Human Resources Director, Heinz ABC Indonesia, mengatakan, “Tahun ini ibu-ibu di Kota Semarang untuk pertama kalinya akan turut berpartisipasi dalam program utama ABC Dapur Peduli. Dengan tambahan kota Semarang, kini ABC Dapur Peduli 2013 dikoordinir di tujuh kota besar di Indonesia menjangkau hampir 200 titik kantung dhuafa. Kami memperkirakan program ini melibatkan total 2.000 ibu sukarelawan sepanjang penyelenggaraan ABC Dapur Peduli 2013. Hal ini menjadi indikator bahwa usaha kami untuk memotivasi para ibu benar-benar mendapat sambutan positif.” Sebelumnya para ibu ABC Dapur Peduli di Semarang telah turut berpartisipasi namun sifatnya independen perorangan, belum terkoordinir. Selain menambah Kota Semarang sebagai wilayah baru distribusi paket makanan, tahun ini untuk pertama kalinya ABC Dapur Peduli memperkenalkan inovasi baru, yaituABC Dapur Peduli Safari Ramadhan. Melalui inovasi ini, ABC Dapur Peduli memodifikasi mobil van sedemikian rupa sehingga tersedia dapur untuk mengakomodasi kegiatan masak-memasak. “ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan akan mengunjungi 15 kantung dhuafa di Jakarta dan sekitarnya. Sejak 8 Juli lalu, Safari Ramadhan telah mengunjungi beberapa lokasi, diantaranya Masjid Nurur Rohman di Duren Sawit, Masjid Taufiqurahman di Penggilingan, Masjid Al Amin di Rawasari, Masjid Ar-Rahman di Kemayoran serta kantung dhuafa lainnya. Istirahat sehari pada hari ini untuk selanjutnya berkeliling lagi ke berbagai lokasilainnya sampai Hari Lebaran nanti,” kata Hari Widyo. ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan menyajikan demo masak, konsultasi kuliner dengan chef serta memasak bersama untuk dhuafa. Para ibu sukarelawan, dipandu chef Safari Ramadhan, akan beramai-ramai memasak 400-500 paket berbuka untuk dhuafa di kawasan tersebut. Dari tahun ke tahun semakin besar dukungan yang diperoleh ABC Dapur Peduli. Pada tahun ini, Heinz ABC Indonesia berhasil menggalang 40% lebih banyak sukarelawan dari karyawan untuk bergabung dengan para ibu memasak paket berbuka. Dukungan juga mengalir dari organisasi Muslim seperti komunitas Majelis Taklim, Dompet Dhuafa, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dan Rumah Yatim hingga tokoh yang disegani umat Muslim, yaitu Ustadz Zacky Mirza. Tidak ketinggalan jaringan ritel modern seperti Hypermart, Carrefour dan Lotte Mart turut mengajak para ibu berbagi kebaikan sepanjang Ramadhan di ratusan jaringan mereka yang tersebar di tujuh kota penyelenggaraan ABC Dapur Peduli. Chef Yeni kembali menyumbangkan beberapa resepnya untuk merancang menu berbuka yang dimasak para ibu. Bahkan pasangan selebriti Widi Mulia (personil B3) dan Dwi Sasono, turut tergerak untuk berpartisipasi. M. Thoriq Helmi, Direktur Sumber Daya Dompet Dhuafa, mengatakan, “Tim DompetDhuafa terlibat langsung dalam penyediaan makanan berbagi. Keterlibatan tersebut dimulai sejak tahap mencari kantung-kantung dhuafa yang tepat sasaran hingga partisipasi aktif mengumpulkan ibu-ibu sukarelawan ABC Dapur Peduli dalam penyediaan makanan berbuka.” Dompet Dhuafa berharap, imbuh Thoriq, program ini dapat menginspirasi para ibu untuk memperbesar jangkauan pemberian paket makanan berbuka di kantung-kantung dhuafa yang lain secara berdikari. “Mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan dan kita jelas tidak bisa bekerja sendiri untuk membantu mereka semua,” jelas Thoriq. Widi Mulia menyatakan, “Sebagai keluarga yang sudah terbiasa dengan kegiatan sosial, kami sangat mendukung program ABC Dapur Peduli, dan berterima kasih atas kesempatan berpartisipasi tahun ini. Khususnya di Bulan Ramadhan, kami sekeluarga sudah menjadikannya sebagai tradisi untuk berbagi dengan sesama, terutama kepada dhuafa. Karena itulah saya akan memotivasi keluarga, teman, dan masyarakat luas termasuk 400 ribu followers akun twitter saya untuk saling berbagi di bulan penuh berkah ini.” Danny Kojongian, Public & Investor Relation Director, Hypermart, berkata, “ABC Dapur Peduli memiliki misi yang sejalan dengan program CSR Hypermart selama ini, jadi kami mengambil inisiatif untuk berperan aktif memperluas informasi mengenai program ini melalui jaringan pusat perbelanjaan kami yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Semarang. Dengan perkiraan rata-rata pengunjung puluhan gerai kami yang mencapai jutaan orang per bulan di tiga kota tersebut maka kami turut serta aktif memotivasi para ibu berpartisipasi dalam ABC Dapur Peduli 2013”Seremoni ABC Dapur Peduli 2013 diselenggarakan hari ini, 17 Juli 2013 di Mesjid Al-Bina Senayan, Jakarta. Sedikitnya 300 ibu-ibu dari Komunitas ABC Dapur Pedulimenjadi sukarelawan untuk memasak dan menyiapkan 1,000 paket buka puasa untuk para tamu undangan, perwakilan dari jaringan ritel modern, ibu-ibu komunitas ABC Dapur Peduli maupun ribuan dhuafa yang hadir di Mesjid Al-Bina. Tidak ada perbedaan menu berbuka yang dirancang oleh Chef Yeni tersebut untuk para undangan maupun dhuafa agar semangat berbagi benar-benar terasa di setiap aspek kegiatan. Selanjutnya, 99.000 paket makanan berbuka akan didistribusikan secara bertahap kepada dhuafa di Jabodetabek, Bandung dan Semarang sehingga genaplah target 100.000 paket makanan berbuka.