BUAH IMLEK MEWAKILI KEMAKMURAN

By cakkris, Kamis, 12 Februari 2015 | 17:00 WIB
BUAH IMLEK MEWAKILI KEMAKMURAN (cakkris)

Buah-buahan juga menjadi salah satu hidangan wajib saat Imlek. Di antaranya buah jeruk sebagai lambang kemakmuran, lalu buah pir sebagai lambang hasil yang baik.

Begitu juga buah belimbing. Buah imlek ini mewakili kemakmuran khusunya makna pengharapan yang baik karena memiliki 5 sudut. Ia mewakili kemakmuran, kesejahteraan, kepintaran, pengharapan yang baik serta, mewakili semua perlambang untuk kebaikan seluruh keluarga di masa yang akan datang.

Sedangkan pisang emas atau pisang raja, wajib dipilih yang berwarna kuning. “Tidak boleh berwarna hijau,” tegas Joseph Chen, seorang pakar budaya Tionghoa.

Masih banyak buah imlek meakili kemakmuran lain yang bisa disajikan seperti delima, nanas, hingga longan yang menjadi simbol mutiara atau long yien (mata naga). Buah ini mewakili sebuah kebijakasaanan (wisdom) seperti sang naga.

Hidangan lain yang menjadi sajian imlek adalah teh, dan arak untuk minumannya. Sedangkan dari deretan karbohidrat, ada nasi dan mi yang melambangkan harapan panjang usia.

Baca Juga

PERLAMBANG KUE IMLEK

MENGENAL HIDANGAN IMLEK DAN MAKNANYA