MEMILIH JAHE UNTUK MINUMAN

By cakkris, Sabtu, 21 Februari 2015 | 17:00 WIB
MEMILIH JAHE UNTUK MINUMAN (cakkris)

Jahe merupakan bahan yang hampir selalu ada dalam minuman tradisional yang berkhasiat obat.  Agar manfaat yang didapat maksimal, Sobat SaSe harus tahu cara memilih jahe untuk minuman. Apa saja, sih yang harus diperhatikan? Simak tips berikut ini.

Pastikan jahe yang Anda pilih dalam keadaan segar. Jahe yang segar adalah jahe yang kulitnya mulus, dagingnya tebal dan ketika dicium aroma terasa semerbak.

Pilih rimpang jahe yang masih utuh, tanpa ada luka atau patah. Rimpang patah, rasanya tidak akan terlalu kuat lagi. Jangan menggunakan jahe sisa Anda di dapur untuk membuat minuman jahe.

Di pasaran ada tiga jenis jahe. Jahe gajah, jahe lokal, dan jahe merah. Jahe gajah dan lokal biasanya untuk minuman, sementara jahe merah dipakai dalam campuran obat herbal.

Perlu diperhatikan oleh sobat SaSe, biasanya rimpang jahe gajah ukurannya lebih besar dan gempal, sedangkan jahe lokal lebih kecil. Tetapi jika menginginkan aroma yang kuat, anda dapat menggunakan jahe gajah. Jangan lupa untuk memanggang jahe Anda terlebih dahulu jika menginginkan aroma yang kuat.

Tidak susah bukan memilih jahe untuk minuman? 

Ghitha