HIDANGAN CAP GO MEH

By cakkris, Selasa, 3 Maret 2015 | 17:00 WIB
HIDANGAN CAP GO MEH (cakkris)

Menyaksikan lampion dan makan lontong Cap Go Meh adalah dua bagian penting pada  perayaan Cap Go Meh. Tapi tahukah Anda ada hidangan khas Cap Go Meh lain yang selalu tersedia saat perayaan tersebut? Berikut informasinya untuk Anda.

Onde-Onde 

Makan onde-onde sudah menjadi kebiasaan lama sejak masa Dinasti Song. Onde-onde biasanya dibuat dari tepung beras ketan dan selai buah. Onde-onde ini juga biasa disebut dengan “yuanxiao” atau “tangyuan”. 

Onde-onde memiliki arti keberuntungan. Permukaannya yang berwarna kekuningan setelah digoreng dan tertutup banyaknya biji wijen melambangkan suatu keberuntungan. Bentuk onde-onde yang mekar melambangkan harapan semoga usaha yang sedang dilakukan akan semakin berkembang.

Di tempat asalnya yakni Tiongkok, onde-onde hanya berisi satu jenis bahan, yakni gula merah yang berwarna kecoklatan. Kini onde-onde ada bermacam-macam, lain tempat lain pula cara pembuatan dan rasanya.

Ronde  

Selain onde-onde hidangan khas Cap Go Meh lainnya adalah ronde. Sama seperti onde-onde, ronde juga terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola kemudian direbus lalu dapat Anda sajikan dengan kuah manis atau kuah jahe. Biasanya isinya berupa kacang hijau atau gula merah.

Ronde merupakan pertanda berakhirnya musim dingin dimana salju yang menutup tanah mulai leleh seiring dengan terbitnya matahari. Bentuk bulatan bola-bola ketan pada ronde melambangkan pengharapan dan kehidupan yang utuh dan bulat di tahun yang akan datang.

Selain yang telah disebutkan di atas, hidangan khas Cap Go Meh masih banyak lho sobat. Sebut saja Bebek Peking, Dim Sum , Kepiting Saus Singapura, dan Bubur Ayam Cina.

Baca juga :

HIDANGAN CAP GO MEH

Onde-onde keju

HIDANGAN CAP GO MEH

Es Ronde 

Baca Juga
Cerita di Balik Lontong Cap Go Meh