JENIS JENIS CAPPUCCINO

By cakkris, Senin, 16 Maret 2015 | 17:00 WIB
JENIS JENIS CAPPUCCINO (cakkris)

Ternyata ada beberapa jenis, lo sobat. Kali ini sajiansedap.com ingin bagi-bagi informasi kepada sobat SaSe sekalian apa saja jenis-jenis cappuccino yang belum sobat ketahui.

1.  Traditional Cappuccino

Pada umumnya, cappuccino jenis ini dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 busa susu. Namun cara ini masih membuat cappuccino terasa pahit sehingga kurang disukai beberapa orang. Jika cappuccino Anda menggunakan latte art berarti barista Anda membuatkannya menggunakan teknik free pouring, bukan dengan cara menyendok busa susu yang ditaruh di atas campuran espresso dan susu (spooning). Rasanya tentu saja akan lebih creamy karena foamed milk-nya menyebar ke  seluruh bagian.

2. Cappuccino Chiaro

Disebut juga dengan wet cappucino atau white cappuccino. Bedanya dengan cappuccino tradisional adalah, cappuccino basah ini mengadung sedikit lebih banyak susu panas dibandingkan dengan foam di atasnya yang membuat cappuccino jenis ini mirip dengan latte. Minuman ini cocok kalau Anda sedang ingin minum cappuccino yang lebih creamy.

3. Cappuccino Scuro

Cappuccino jenis ini disebut juga sebagai dark cappuccino atau dry cappuccino. Cappuccino kering ini memiliki sedikit kandungan susu dengan takaran foam yang lebih banyak, kebalikan dari cappuccino chiaro. Jika Anda menyukai rasa pahit kopi tapi belum begitu menyukai espresso, Anda cocok sekali jika memesan cappuccino jenis ini.

4. Cappuccino Freddo

Cappuccino Freddo merupakan versi dingin dari cappuccino. Cappuccino freddo memiliki buih susu dingin di bagian atasnya dan banyak tersedia di berbagai daerah di Italia dan disajikan dengan es batu. Minuman ini sangat terkenal di Yunani. Di daerah Mediteranian, cappuccino ini memiliki sedikit variasi, dimana foam susu ditambahkan ke minumannya sesaat sebelum disajikan.

Baca Juga

JENIS JENIS CAPPUCCINO

Cappuccino bukan Berasal dari Italia

JENIS JENIS CAPPUCCINO

Cake Cappuccino Lapis