ASAL MULA MESIN ESPRESSO

By cakkris, Selasa, 17 Maret 2015 | 17:00 WIB
ASAL MULA MESIN ESPRESSO (cakkris)

Bangsa Italia adalah bangsa pertama yang membuat mesin kopi terpenting di dunia, espresso. Angelo Moriondo, pria asal Turin yang datang dari keluarga pengusaha mengembangkan bisnis keluarganya dan membeli Grand-Hotel Ligure di Piazza Carlo Felice dan American Bar di Galleria Nazionale. Bisnis hotel dan makanan inilah yang menjadi pemicu lalu kemudian menjadi awal dirancangnya mesin yang dapat membuat kopi dengan cepat untuk memuaskan para konsumen yang sedang terburu-buru.

ASAL MULA MESIN ESPRESSO

Mesin espresso pertama kali dipamerkan pada sebuah pameran di Turin pada tahun 1884. Angelo memamerkan penemuan mesin espressonya dan menerima medali perunggu dari pihak penyelenggara kala itu. Mekanik mesin espresso tersebut sebenarnya adalah Martina, dan Angelo “hanyalah” desainernya.

Di tahun 1901, seorang pengusaha dari Milan yang bernama Luigi Bezzerra mengembangkan mesin espresso Angelo. Luigi inilah yang kemudian dikenal sebagi “Bapak Espresso” karena beliau dianggap sebagai bapak revolusi espresso. Sebenarnya Luigi bukanlah seseorang yang bergerak di bisnis kopi atau makanan, tetapi dia merupakan seorang pemilik pabrik yang merasa waktunya banyak dicuri oleh buruh setiap coffe break. Maka dia membuat mesin yang dapat mempersingkat waktu para buruh untuk minum kopi dengan menyempurnakan mesin espresso yang sudah ada sebelumnya. Ketika itu tujuan Luigi murni untuk kepentingan usahnya, dan belum ada yang kenal dengan mesin dan minuman kopi jenis baru itu sampai tahun 1905.

ASAL MULA MESIN ESPRESSO

Di tahun 1905, ada seseorang yang bernama Desiderio Pavoni yang membeli hak paten mesin espresso dan berhasil memperkenalkan mesin espresso di pasaran Italia.Desiderio tidak hanya membeli mesin espresso dari Luigi sobat, tetapi juga bereksperimen dengan berbagai temperatur dan tekanan, serta berupaya untuk mengurangi rasa pahit yang berlebihan.

Sayang mesin yang sudah disempurnakan oleh Desiderio ni pun dianggap masih kurang sempurna yang kemudian disempurnakan lagi oleh orang Italia lainnya yang bernama Achille Gaggia di tahun 1938. Mesin espresso karya Gaggia ini dapat menghasilkan crema atau lapisan busa di atas espresso yang kemudian menjadi mesin espresso paling terkenal di dunia.

Ada sebuah coffee museum di London yang memamerkan mesin-mesin kopi yang menarik. Sayangnya tidak ada keterangan yang jelas tentang mesin tersebut. Tetapi bisa saja mesin ini merupakan permulaan dari karya-karya Gaggia. Di tahun 1950 perusahaan mesin kopi dari Italia bernama FAEMA (Fabbrica Apparecchiature Elettromeccaniche e Affini) membuat mesin espresso dengan sistem pompa. Sama seperti Gaggia, mesin espresso ini pun sampai sekarang masih dijual di pasaran.Ghitha

Baca Juga

ASAL MULA MESIN ESPRESSO

Cappuccino bukan Berasal dari Italia

ASAL MULA MESIN ESPRESSO

Jenis Jenis Cappuccino