TAHAPAN FOOD SECURITY DELEGASI KAA

By cakkris, Minggu, 19 April 2015 | 17:00 WIB
TAHAPAN FOOD SECURITY DELEGASI KAA (cakkris)

Konferensi Asia Afrika merupakan konferensi tingkat tinggi yang akan dihadiri oleh 89 negara peserta KAA yang akan berkumpul di Bandung. Untuk tahapan keamanan Polda Metro Jaya sendiri sudah menyiapkan pengamanan hingga kepada persiapan penyajian makanan pada para delegasi. 

Apa saja tahapan pengamanan makanan untuk delegasi KAA? Sebelum makanan dihidangkan, tim food security Polda Metro Jaya yang berjumlah empat personel akan memeriksa makanan bagi tamu VIP peserta KAA.  Sementara Pasukan Pengamanan Presiden (paspampres) akan mengawasi menu makanan bagi tamu VVIP.

Baca Juga: Kuliner Jawa Barat Primadona Delegasi KAA

Proses pemeriksaan makanan para tamu negara ini tidak akan memakan waktu lama. Pertama-tama, petugas akan memeriksa hidangan makanan dengan cara memasukkan sampel makanan ke tabung reaksi dan dicampur senyawa kimia yang akan bereaksi dengan bahan yang hendak diuji. 

Selanjutnya, hasil campuran tersebut akan terlihat makanan tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak. Setelah dipastikan aman, barulah makanan disajikan.

Polda Metro Jaya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk pengamanan makanan bagi delegasi KAA.

Untuk acara puncak KAA di Bandung pada tanggal 24 April mendatang, The Trans Luxury Hotel merupakan hotel yang dipilih untuk menjadi penyedia jasa katering bagi para tamu negara. Semua yang dihidangkan merupakan makanan nusantara dan menonjolkan menu Sunda. 

Untuk tamu VVIP hidangan akan disajikan dalam bentuk fine dining, sedangkan untuk tamu delegasi lainnya akan disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan

Ghitha