MAKANAN FAVORIT RA KARTINI

By cakkris, Senin, 20 April 2015 | 17:00 WIB
MAKANAN FAVORIT RA KARTINI (cakkris)

Ibu Kartini merupakan sosok wanita yang sudah banyak memperjuangkan hak-hak wanita di Indonesia. Disamping kerja kerasnya memperjuangkan hak wanita, RA Kartini juga membuat sekumpulan resep masakan khas Jepara keluarga Sosroningrat untuk generasi penerus agar diketahui bahwa seni masak-memasak adalah budaya bangsa. 

Kumpulan resep ini ditulis dalam aksara Jawa dengan takaran yang masih menggunakan alat ukur abad 20 seperti kati, elo dan cangkir yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia serta diganti takaran kunonya dengan takaran modern. Buku resep ini merupakan buku resep pertama yang ditulis di Indonesia. 

Pada masanya RA Kartini sudah menerapkan konsep yang di zaman seni kuliner modern ini disebut dengan fusion, yaitu perpaduan antara kuliner Belanda, Cina dan Jawa.

Menyambut hari Kartini, rasanya tak lengkap jika tak disertai hidangan yang lezat. Tahukah Anda apa saja makanan favorit RA Kartini? Berikut ulasannya untuk Anda.

1.Sup Pangsit Jepara

Sup yang satu ini konon katanya merupakan makanan favorit RA Kartini. Merupakan paduan kuliner lokal dan asing. Bisa dilihat dari pangsitnya yang berbeda dari pangsit yang biasa Anda kenal. Selain segar, makanan khas Jepara ini juga sangat menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam bumbu lokal dan seafood yang menggoda selera.

2.Ayam Besengek 

Selain sup pangsit Jepara, RA Kartini juga mempunyai masakan favorit lainnya, yaitu ayam besengek yang mirip seperti ayam gulai.

Nah selain dua kuliner favorit RA Kartini di atas, Jepara juga kaya akan ragam kuliner lainnya. Apa saja kuliner khas Jepara? Silahkan klik disini

Ghitha