5 KULINER UNIK KHAS JEPARA

By cakkris, Senin, 20 April 2015 | 17:00 WIB
5 KULINER UNIK KHAS JEPARA (cakkris)

Dengan keberagaman kuliner khas Jepara, tidak heran jika RA Kartini sampai mengumpulkan resep keluarganya untuk dijadikan sekumpulan resep masakan khas Jepara. Apa saja kuliner unik khas Jepara? Berikut ulasannya untuk Anda

1.Sayur Keluak Ayam 

Jika Anda bosan menggunakan keluak untuk membuat rawon, kali ini Anda dapat menggunakan keluak Anda untuk membuat sayur keluak ayam khas Jepara ini. Pilihlah keluak yang bagus, yang jika digoyang-goyangkan sedikit isinya sudah terlepas dari kulitnya.

2.Kuluban 

Sedikit mirip dengan urap, sajian ini juga terdiri dari berbagai macam sayuran dan disajikan dengan bumbu kelapa. Yang membedakan dengan kuluban adalah adanya nangka muda rebus dan taoge yang disajikan mentah di dalamnya.

3.Sayur Betik

Sayur betik asal Jepara ini menggunakan pepaya muda dan daging tetelan sebagai bahan pepayanya. Cobain yuk olahan pepaya muda ini!

4.Bongko Mento 

Bongko mento merupakan hidangan asal keraton Jepara yang terdiri dari kulit risol yang diisi dengan dada ayam yang telah disuwir dicampur dengan jamur kuping, soun dan santan. Aroma daun pisang yang menjadi pembungkusnya menambah nikmat waktu santap Anda.

5.Lapis Pati Bodin

Jajanan pasar yang satu ini harus dipotong dalam keadaan benar-benar dingin. Kalau tidak, potongan kue ini tidak akan rapi. Kue ini terbuat dari santan, tepung kanji, tepung beras, gula pasir, air daun suji dan pewarna makanan berwarna merah. Warnanya yang cantik membuat kue ini cocok disajikan untuk acara arisan atau kumpul keluarga Anda. 

Bagaimana? Siap berkreasi dengan kuliner unik khas Jepara lainnya? Selamat mencoba sobat!

Ghitha