ANEKA SAMBAL PENGGUGAH SELERA

By cakkris, Minggu, 26 April 2015 | 17:00 WIB
ANEKA SAMBAL PENGGUGAH SELERA (cakkris)

Ada yang tidak lengkap jika makan tidak ditemani dengan pedasnya sambal khas Indonesia bukan sobat? Jika Anda bosan dengan rasa sambal yang itu-itu saja, Anda boleh mencoba ragam sambal nusantara berikut untuk memeriahkan acara santap Anda.Inilah aneka sambal pengugah selera warisan Nusantara.

1.Sambal Pencit 

Di Jawa Timur mangga muda biasa disebut dengan pencit. Jadi sambal pencit adalah sambal mangga muda. Rasa yang dihasilkan dari sambal ini sangat istimewa! Ada rasa pedas dan asam yang segar dari buah mangga muda yang dipotong.

2.Sambal Tumpang Tahu 

Sambal yang berasal dari salah satu kota di Jawa Timur tepatnya Kediri ini menggunakan tempe semangit sebagai bahan utamanya. Tempe semangit merupakan tempe yang telah melewati masa fermentasinya dan sudah berwarna kekuningan.

3.Sambal Matah

Sambal yang satu ini sangat cocok disajikan bersamaan dengan ikan bakar. Rasa pedas dan segar dari jeruk limau menambah rasa sedap pada ikan bakar Anda. Sambal dari Bali ini sangat mudah dan praktis untuk Anda coba!

4.Sambal Dabu-Dabu

Membuat sambal tidak melulu harus diulek sobat. Sambal dari Manado ini contohnya. Hanya dengan mengiris bermacam cabai, tomat dan air jeruk nipis membuat sambal ini tercipta dengan rasa pedas yang khas.

5.Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo adalah sambal khas Ambon yang sangat terkenal dengan rasa pedasnya, hampir semua masyarakat Ambon tidak bisa lepas dari sambal yang satu ini. Sambal ini terdiri dari campuran potongan cabai, bawang dan tomat serta ditambah dengan perasan air jeruk nipis yang segar.

Nah bagaimana sobat, siap mencoba aneka sambal penggugah selara warisan nusantara di atas untuk teman bersantap Anda?

Ghitha