CARA GAMPANG MENGETES BERAS ASLI ATAU PLASTIK

By cakkris, Rabu, 20 Mei 2015 | 17:00 WIB
CARA GAMPANG MENGETES BERAS ASLI ATAU PLASTIK (cakkris)

Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, punya cara sederhana untuk mengetes beras asli atau palsu. 

Cara pertama, kata Arya adalah dengan mencelupkan beras tersebut ke air. "Tinggal celupkan saja ke air, kalau berasnya mengambang, bisa jadi itu sintetis," ujar Bima Arya, Kamis (21/5/2015).

Untuk memastikan keberadaan beras sintetis di Kota Bogor, Bima Arya bersama petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, melakukan sidak ke Pasar Jambu Dua Kota Bogor.

Dalam sidak ke sejumlah toko beras, Bima melakukan pemeriksaan apakah ada beras yang mengandung plastik. Tak hanya sekedar melihat-lihat, Bima juga melakukan tes sederhana untuk memastikan keaslian beras.

"Tadi kami menemukan ada satu contoh beras yang mencurigakan. Makanya dites dengan diberikan ke ayam. Ternyata berasnya dimakan, berarti berasnya asli," katanya.

 

Sidak beras yang dilakukan Wali Kota merupakan kelanjutan dari pemeriksaan rutin yang dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota bogor dan PD Pasar Pakuan Jaya.

 

"Saya mengecek langsung untuk memastikan, dan sampai saat ini saya mendapat laporan tidak ditemukan beras sintetis mengandung plastik di Kota Bogor," katanya.

 

Bima mengatakan, beras yang dijual di Kota Bogor kebanyakan merupakan beras lokal, seperti dari daerah Karawang, Jawa Tengah dan Cianjur. Dia mengimbau warga Kota Bogor segera melaporkan bila ada temuan beras sintetik. 

 

Dan langkah pertama bila curiga, Arya menyarankan agar masyarakat  mengetes beras asli atau plastik dengan dua cara senderhana di atas.

 

Sumber: Tribunnews.com

 

Baca Juga

Ciri-Ciri Beras Plastik