TIPS MENGHILANGKAN BAU AMIS PADA SEAFOOD

By cakkris, Minggu, 14 Juni 2015 | 17:00 WIB
TIPS MENGHILANGKAN BAU AMIS PADA SEAFOOD (cakkris)

Hidangan Seafood kerap menjadi menu favorit. Maklum selain kaya kaya protein yang baik untuk asupan tubuh, seafood juga ragamnya dan bisa diolah dengan beragam cara. Mulai dari dibakar, goreng, kukus, hingga direbus. Tapi kelezatan seafood kadang bercampur dengan bau amis. Tidak perlu khawatir. Ada cara  menghilangkan bau amis seafood yang sangat sederhana.  

Pilihlah Jenis Seafood Yang Masih Segar

Varian seafood yang segar biasanya tidak akan memiliki bau amis yang tajam. Untuk beberapa jenisnya, dianjurkan untuk memilih yang masih hidup, seperti kepiting. Kebanyakan orang memilih yang sudah dibekukan. Namun, perhatikan bahwa ragam seafood yang dibekukan adalah yang baru ditangkap. Bukan yang merupakan sisa-sisa yang tak laku dijual.

Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Penggunaan lemon atau jeruk nipis akan memberikan rasa segar pada seafood sekaligus menjadi salah satu cara menghilangkan bau amis yang pekat pada seafood. Anda bisa melumuri seafood dengan perasan air jeruk atau lemon atau dipotong dan disteam bersama dengan seafood.

Menggunakan Bawang Putih

Selain untuk memberi rasa khas dalam olahan seafood yang sudah jadi, membalurkan bawang putih juga menjadi cara untuk menghilangkan bau amis dengan aroma bawangnya yang kuat. Anda bisa mencincang atau langsung membalurkan bawang putih pada seafood yang hendak dimasak.

Menggunakan Jahe

Selain bawang putih, jahe juga memiliki aroma yang khas dan kuat yang bisa membantu menghilangkan bau amis pada seafood. Anda bisa menggunakan jahe dengan cara dicincang atau dibalurkan langsung pada seafood untuk menghilangkan bau amis pada seafood.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Selamat memasak seafood tanpa meninggalkan jejak bau amis di peralatan.