5 MANFAAT KOLANG KALING

By cakkris, Selasa, 30 Juni 2015 | 17:00 WIB
5 MANFAAT KOLANG KALING (cakkris)

Kolang kaling selalu jadi bahan primadona saat Ramadhan tiba. Tapi tahukan Anda bahwa kandungan buah dari pohon aren ini luar biasanya banyAknya. Inilah 5 manfaat  kolang kaling yang mungkin membuat Anda takjub.

1. Memperkuat Tulang

Tak hanya susu, ternyata kolang kaling juga mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Dalam 100 gram kolang kaling, mengandung 91 mg kalsium yang bisa memperkuat tulang. Konsumsi kolang-kaling sebagai hidangan buka puasa maupun snack bisa menjadi pilihan makanan yang sehat. 

2. Meredakan radang sendi

Buah kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit pada radang sendi. Anda cukup mengonsumsinya secara rutin, minimal 100 gram kolang kaling setiap hari dengan cara merebusnya tanpa gula dan pewarna makanan.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar dalam kolang-kaling mencapai 39%. Artinya, kandungan serat yang cukup tinggi ini baik untuk melancarkan buang air besar sekaligus menjaga kesehatan pencernaan Anda. Kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi pada kolang-kaling juga membuatnya lebih lama dicerna di dalam perut, sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama. Serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga. Jadi mencegah kegemukan atau obesitas menjadi salah satu dari 5 manfaat kolang kaling.

4. Pilihan Makanan Diet

Selain kandungan serat dalam kolang-kaling yang cukup tinggi, kandungan zat gizi lain di dalamnya juga tak bisa dianggap ringan. kolang-kaling mengandung kadar air yang cukup tinggi yaitu 94%, sehingga membuat buah ini terasa segar saat dikonsumsi. Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

5. Dapat Memulihkan Stamina

Kolang-kaling tak hanya enak, tapi kandungan gizinya bermanfaat bagi kesehatan dan bisa memulihkan stamina serta  kebugaran badan. Oleh karena itu kolang kaling sering disajikan dalam menu berbuka puasa. Kolang-kaling juga kaya akan kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium yang bisa menyegarkan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Sumber: 1health.id