Tips Agar Kulkas Awet

By dedeayu, Rabu, 8 Juli 2015 | 17:00 WIB
Tips Agar Kulkas Awet (dedeayu)

      Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang vital. Tanpa kulkas, akan ada banyak makanan dan bahan makanan yang rusak karena tidak bisa disimpan lama. Karena begitu vitalnya keberadaan kulkas di rumah, kulkas harus dijaga supaya tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips agar kulkas awet. 

Jangan Terlalu Penuh      Sudah menjadi kebiasaan umum kalau kita suka menyimpan banyak makanan di dalam kulkas. Mulai dari bahan makanan mentah seperti sayur, buah, ikan, daging, ayam, dan telur, hingga makanan matang untuk stok dan sisa-sisa makanan. Tidak heran kalau setiap sudut di dalam kulkas menjadi sangat padat.Kebiasaan ini akan membuat kulkas cepat rusak. Untuk bisa bekerja dengan baik, kulkas harus memiliki ruang agar udara dingin bisa leluasa beredar di dalamnya. Kalau tidak, maka kulkas tidak bisa mengawetkan seluruh makanan yang tersimpan. Jadi, sortirlah isi kulkas sebaik-baiknya.

Rawat Pintu Kulkas      Pintu kulkas berbeda dengan pintu lemari biasa. Ada potongan karet yang melapisi pinggirannya, yang berfungsi menjaga suhu dingin di dalam tidak keluar. Sayangnya, kadang kita juga menaruh banyak makanan di rak yang terdapat di pintu kulkas. Dalam kondisi seperti ini, pintu kulkas tidak bisa menutup dengan sempurna, sehingga udara dingin akan keluar lewat sela pintu.       Selain itu, perlakuan terhadap pintu kulkas pun sering kali kurang baik. Menutup pintu kulkas dengan keras, atau sebaliknya menutupnya tidak terlalu rapat, juga akan membuat pintu kulkas cepat rusak, alias tidak bisa menutup dengan sempurna lagi.

Bersihkan Secara Berkala      Bersihkan makanan yang tumpah atau yang kondisinya sudah tidak bagus di dalam kulkas, setiap hari. Lalu, lakukan pembersihan besar-besaran sebulan sekali, dan lakukan pengecekan kondisi kulkas secara umum setiap enam bulan sekali.       Kenapa kulkas harus dibersihkan dan dicek kondisinya secara umum, secara berkala? Sebab, terdapat banyak bakteri yang berasal dari makanan-makanan yang kita simpan di dalam kulkas, maupun yang muncul karena adanya kerusakan komponen kulkas, yang bisa mencemari makanan lain sehingga tak lagi bisa digunakan.

Atur Suhu      Kulkas memakan banyak tenaga listrik untuk menghasilkan udara dingin, juga untuk membuat es membeku di bagian freezer. Untuk menghasilkan suhu yang tepat, bila kita baru selesai membersihkan kulkas dan mencabut dari saklarnya, maka biarkan dulu suhu kulkas naik hingga satu sampai dua jam untuk mencapai zona yang tepat, baru kemudian isi kembali kulkas dengan makanan.

Jangan Simpan Makanan Panas      Sering kali kita memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Entah karena terburu-buru atau karena sebab lainnya. Padahal, ini tidak boleh dilakukan. Makanan dengan suhu di atas 4,4 derajat Celcius yang dimasukkan ke dalam kulkas membuat bakteri berkembang dengan lebih cepat. Sehingga makan tersebut sudah pasti tidak aman buat dimakan. Itu sebabnya, jika kita makanan yang hendak kita simpan di dalam kulkas masih panas, lakukan pendinginan dulu.

      Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan untuk mengaplikasikan tips-tips di atas? Silahkan mulai dicoba tips agar kulkas awet.